Thursday, May 12, 2016

Haru Biru Diwaktu Itu

Brobro..
Yap! judulnya melow banget ya!
Kali ini mimin shared kisah pribadi yang mungkin terus terkenang sampai nanti mungkin miminpun menjadi kenangan. dan ini sesuai tantangan misi ulangtahun WarungBlogger yang kelima!

kenangan itu sebenarnya akan menjadi kenangan yang bakal lebih terkenang setelah orang yang dikenang itu udah ga ada! alias meninggal ataupun wafat.
Kenangan adalah hal yang ga bakalan pernah terulang, ga bakal pernah terhindar, ga bakalan pernah terganti, dan ga bakalan pernah terlupa meski pikunpun mungkin nanti menghampiri kita semua.
Seperti "sabda-NYA" semua penyakit ada obatnya, dan hanya pikunlah yang tiada obatnya..kira-kira begitulah seinget mimin, tapi ga tau kalimat sebenernya begimana..Entahlah...

Kenangan paling membahagiakan mimin untuk acara ulangtahun adalah ketika Ibu (pangilnya mamak) masih hidup bersama ditahun 1998 itu. Ditahun itu, mimin yang kala itu beratnya masih seberat sepeda lipet, sampe sekarang beratnya udah seberat piano rungsek masih aja inget kenangan itu. Gak akan pernah terlupa dan Gak akan pernah pula untuk terganti.

ketika itu, diSabtu siang yang penat, sepulang sekolah yang melelahkan, ditambah air minum dan uang jajan yang habis, mimin tetap berjalan, meski tertatih dan panas, tetap menunduk untuk terus berjalan kedepan. Berjalan sepanjang hitungan kilometer menuju gibik kecil yang sesak terisi 5Anggota keluarga (mimin, yoi, balia, mamak, dan bpak). gibik kecil yang kini masih menjadi rumah kosong yang "belum laku" untuk dikontrakkan pasca mamak meninggal.
Gibik tempat setiap lipatan kenangan mulai dilipat untuk dijadikan buku bertajun "masa lalu" untuk dijadikan sebuah ingatan.
*bukan lagu "masa lalu" yang ada cah..cah.cahcahcah...tekuet..tekuet..yaaaee...yae..yae..yae..ya!
mimin, balia, dan yoi
Dan kini, kami semua telah merelakan untuk melepaskan gibik itu, karena khawatir kenangan yang tak pernah terlupa itu kembali merasuk secara tiba-tiba menghampiri, walau hanya seberkas lewat dan tentunya membuat bpak kembali tak henti-hentinya berlirih sedu....sekepergian mamak.

Sesampainya dirumah :
Assalamualaikum......pamit mimin..
Mak, mimin pulang.....

mamak         : Wah udah pulang nak! Capek ya...?sini tasnya mamak taro kamar.
mimin          : Nih...!
mamak         : lemes banget sihhh....lupa apa hari ini mastop ulangtahun??
mimin          : ohh iya yak lupa mak...masak apa mak??
mamak         : makan sana! mamak masak nasi uduk sambel kacang kedoyanan mastop!
mimin          : * muka sumringah
                     dan dengan lahap mimin makan nasi uduk kesayangan buatan mamak                                yang paling enak sedunia itu dan tak pernah terlupa rasanya hingga kini.
mimin          : *setelah kelar makan, mak makasih ya!udah buatin nasi uduk
mamak         : dah mandi terus tidur sana biar sore bisa main sama atung dan aing,                                   soalnya tadi nyamperin kerumah.

Ketika sedang berjalan menuju kamar tiba-tiba.....
"happpy birtdey to you....happy birtdey to yooo,,,3x" (bapak, balia, dan yoi) bawa  3pucuk korek api kayu yang disatukan waktu dinyalain sambil berjalan menghampiri..

Babe            : Top, Buruan...panas ini, tangan bapak ga kuat!!
mimin          : fuuuuuuuuuuuuh....*sekali tiupan api langsung padem!
semuanya     : horeeeeeeeee....selamat ulangtahun mastop, semoga jadi anak soleh,
                selamat dunia akhirat, jadi kebanggaan bapak dan mamak,
                dan jadi orang sukses kalo udah gede.
mimin          : amiiiiiin...cium tangan, peluk satu-satu sambil air mata haru yang                                        masih mengalir  diiringi tawa malu yang masih tertahan.


Tapi kini......
Jangankan tiup lilin...
Nginget tanggal lahir aja mimin ga mau!!
Bukan mencoba melupakan tapi mencoba sedikit memudarkan kenangan yang masih ikut terkenang!
Semua tentang mamak dikubur..sampai-ijazah-ijazahnya..ga ada yang tersisa untuk dibuang ataupun dibagikan! Seolah menguburkan semua kenangan itu..yang tak akan pernah terlupakan namun tetap terkenang.
kondisi rumah saat ini (setelah renovasi)
Mungkin kini..Mamak masih menunggu "hari akhir" yang tak kunjung datang dialamnya.
Berharap segera cepat dihadirkannya "hari akhir" itu..untuk segera teradili atas kebaikan dan ketidak baikan yang mungkin pernah terlakukan, disengaja maupun gak disengaja selama hidupnya

Dan mimin..???
masih disini, Menjadi suami yang masih terus menafkahi, membanting punggung dan menjual keringat untuk terus berkerja dan berharap suatu saat bisa bersama keluarga sepanjang hari dan sampai nanti akhirnya mimin mati! *dramatissssss
serta, terus mendoakan mamak disana..
Agar ditempatkan disisi terbaik-NYA dan memaafkan segala kesalahan yang pernah dilakukannya sepanjang hidupnya. Sepanjang waktu..Setiap saat dan sehabis solat tak pernah luput untuk mendoakannya! *meweeeeeeek

2 comments

semoga Emaknya bisa diterima disisi-Nya dan diterima amal ibadahnya ya kak
Amiinn

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon