Thursday, January 26, 2017

Begini Nih, Cara Mengatasi Ganguan Saluran Pernafasan Untuk Anak-Anak Yang Paling Efektif

mengobati gangguan pernafasan pada anak dengan cara yang aman
Sebuah negara yang maju, adalah negara yang terus berkembang dalam berbagai bidang, yang salah satu indikatornya adalah peningkatan nilai perekonomian. Karena, dengan meningkatnya nilai perekonomian sebuah daerah/negara, selalu berbanding lurus terhadap peningkatan penghasilan yang akan diperoleh setiap warganya.. Hal ini dikarenakan semakin bergairahnya transaksi perdagangan pasar yang terjadi pada daerah/negara tersebut, yang bersifat akan saling memajukan sektor lain.
Dengan meningkatnya perekonomian ini, tentu sering menjadikan pertumbuhan penduduk yang tidak seimbang antara perkotaan dan pedesaan, akibat banyaknya penduduk pedesaan yang pindah secara berbondong-bondong  ke perkotaan untuk memperoleh penghasilan yang jauh lebih tinggi.
Sayangnya, peningkatan jumlah penduduk yang tidak terkontrol ini, akan berdampak kepada kesehatan setiap warga yang berada pada daerah tersebut, yangmana salah satu indikator kesehatan sebuah daerah adalah "kualitas udara dan air tanah" yang sering menjadi tidak terkontrol akibat meningkatnya kebutuhan akan energi, tempat tinggal, dan sarana fasilitas lainnya pada daerah tersebut.

Seperti yang kita ketahui, kualitas udara yang buruk akan menyebabkan berbagai masalah ganguan pernafasan bagi banyak orang, yang diantaranya adalah anak-anak. Hal ini diakibatkan terbentuknya senyawaan yang bersifat radikal bebas (diantaranya seperti gas COx, NOx, SOx) dari setiap hasil pembakaran energi yang dilakukan oleh manusia (kendaraan, pabrik, dll), yangmana senyawaan gas ini akan menyatu dalam bentuk "udara" pada daerah perkotaan tersebut.
Belumlagi perkembangan virus, dan mikroorganisme berhaya lainnya pada daerah perkotaan yang pertumbuhannya jauh  lebih cepat jika dibandingkan pedesaan akibat "gaya hidup". Misalnya saja, pada data catatan menteri kesehatan (menkes) mengenai jumlah penderita ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut) daerah Ibukota/ perkotaan yang jauh lebih tinggi, jika dibandingkan dengan jumlah penderita ISPA pada daerah lain.

cara mudah mengatasi gangguan saluran pernafasan dalam waktu singkat

Beberapa penyakit Gangguan Pernafasan yang sering terjadi pada daerah perkotaan antara lain :
  • Batuk, pilek, flu (akibat infeksi virus pada saluran pernafasan)
  • Krup (Batuk kering dan sesak nafas)
  • Bronkiolitis (peradangan saluran pernafasan akibat infeksi virus)
  • Asma (penyempitan saluran pernafasan)
Bagi sebagian orang dewasa, mungkin beberapa penyakit ISPA lebih mudah untuk ditangani, karena orang dewasa cenderung memiliki kekebalan tubuh yang lebihbaik jika dibandingkan anak-anak. Tapi bagaimana dengan anak-anak??
Pengobatan dengan cara yang efektif dan selalu menjaga kebersihan lingkungan tentu adalah kunci selalu terjaganya kesehatan pada anak-anak, Karena dengan pemberian metode pengobatan yang sesuai akan justru mengecilkan efeksamping dari obat yang diminum sehingga pengobatan penyakit ISPA lebih cepat untuk ditangani. Terlebih lagi, pengobatan penderita ISPA pada anak-anak harus dilakukan lebih hati-hati mengingat kemampuan daya tahan tubuhnya yang masih belum sempurna.

Pengobatan penyakit ISPA yang paling efektif, diantaranya adalah menggunakan cara "pengobatan terapi langsung saluran pernafasan" yangmana prinsip pengobatan terapi langsung ini adalah melakukan kontak antara bahan aktif yang terkandung didalam obat, langsung terhadap saluran pernafasan, sehingga kerja bahan aktif akan terfokus/langsung memperbaiki saluran pernafasan tanpa harus melewati saluran pencernaan, danjuga pengobatan dengan cara terapi langsung ini akan mempertahankan keutuhan bentuk senyawa aktif didalam obat yang akan bekerja memperbaiki jaringan saluran pernafasan, sehingga tingkat "efektifitas" pengobatan terapi langsung juga dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan metode pengobatan biasanya (dilakukan dengan cara meminum obat melalui saluran pencernaan).

Hal ini dikarenakan, jika penyembuhan penyakit ISPA dilakukan dengan cara meminum obat, bahan aktif yang terkandung didalam obat harus terlebih dahulu diekstraksi oleh asam lambung dari dalam obat, setelahnya barulah bahan aktif masuk kedalam peredaran darah dan menuju perbaikan saluran pernafasan. Belumlagi efek samping yang lebih banyak ditimbulkan untuk pengobatan penyakit ISPA jika menggunakan pengobatan dengan cara meminum obat ini.

Teknik pengobatan penyakit ISPA secara terapi langsung ini, membutuhkan sebuah peralatan moderen yang bertugas mengkonversi bentuk obat dari fase cairan menjadi fase gas, sehingga bahan aktif didalam obat yang sudah berubah fase menjadi gas,lalu  dialirkan menuju saluran pernafasan melalui media perantara berupa inhalasi, sehingga bahan aktif bisa langsung kontak terhadap perbaikan jaringan di saluran pernafasan.
Teknik pengobatan ini sangat disarankan khususnya  bagi anak-anak yang mengalami ganguan pernafasan, karena kemampuan tubuh anak-anak yang lebih sukar untuk mengeluarkan zat asing (seperti : dahak) didalam saluran pernafasannya, danjuga efeksamping yang ditimbulkan lebih sedikit akibat tidak adanya zat yang mengendap didalam darah, sehingga dinilai lebih aman.
Dan jangan lupa, dosis obat yang digunakan pada peralatan ini, haruslah sesuai resep dokter, karena dosis obat pada terapi langsung ganguan pernafasan ini wajib disesuaikan dengan berat badan anak/penderita. Nama perangkat untuk  pengobatan terapi langsung saluran pernafasan ini adalah "Nebulizer".

Pentingnya pemilihan nebulizer yang sesuai bagi anak-anak harusnya mengikuti standar keamanan sbb:

  • Mampu terjaga kebersihannya dan mudah dibersihkan (bisa dibersihkan dengan alkohol)
  • Tidak menimbulkan senyawaan berbahaya saat dilakukan starilisasi denga udara panas (autoclavable)
  • Tidak memiliki bagian-bagian kecil yang berpotensi masuk kedalam saluran pernafasan anak.
  • Memiliki filter udara yang mudah diganti.
  • Memiliki aliran udara yang bisa disesuaikan dengan daya hisap pernafasan terhadap kompressor pada Nebulizer.
  • Penggunaan nebulizer yang tidak bising
  • Tidak membuat anak-anak takut menggunakanya (lucu)
Karena, tidak semua produsen nebulizer memiliki standar yang memperhatikan hal seperti yang dijelaskan diatas.

15 comments

ini bahaya ga sih kalo sering-sering dipakai anak?

kalo menurut mimin sih untuk jangka pangjang terbilang aman, karena bisa digunakan juga sebagai terapi, asal jangan pemakaiannya berlebihan aja / dipakai terusterusan dalam jangka waktu singkat, karena pastinya selalu ada dampak negatif untuk semua hal yang digunakan secara berlebihan. 8-)

bang, kalo diambon yx jualan ini barang su ada kah?

bisa dicek di apotik terdekat mas lukas, kalau yang pasti ada bisa ke apotik kimia farma cab.ambon di jl. Nona Saar Sopacua No.25, Kel Wainitu, Nusaniwe, Kota Ambon. Karena apotik kimia farma salah satu distributor produk omron nebulizer ini. 8-)

mas, cara kerja nebulizer ini apa mirip seperti rokok elektrik? karena sama-sama merubah cairan menjadi bentuk gas? tolong infonya!

Beda mas, karena kalau nebulizer omron yang dijelasin diatas cara kerjanya menggunakan kompressor/tekanan (tanpa pemanas) sebagai perubah fase cairan (obat) menjadi gas dalam bentuk aerosol, jadi senyawaan aktif obat masih dalam bentuk utuh (tidak rusak) sedangkan pada rokok elektrik menggunakan pemanas untuk merubah fase cair menjadi gas. dan obat untuk penggunaan nebulizer ini gak bisa dipakai untuk umpan cairan rokok elektrik loh! bahaya!.

ada alamat services centernya ga untuk produk ini diIndonesia? jangan-jangan produk import, tapi ga ada services centernya lagi.

mas, alat nebulizer ini aman untuk anak-anak umur berapa?
apa bayi termasuk?

gan, untuk menghubungi customer services bisa isi formulir pada portal berikut : http://omronhealthcare.co.id/contactus.php
atau nomor telpon call centernya Telp: 0800 1401 567
atau bisa juga ditanya langsung ke distributor resmi produk omron untuk rumahan PT Antarmitra sembada Telp : (021) 5310330.

iya aman untuk bayi / balita kok mbak (AMAN dalam konteks penggunaan wajar sesuai anjuran dokter ya (p) ). mbak bisa juga download manual book nebulizer omron tipe ne-C801kd di http://omron-nebulizer.com/product/download_manual/801-kd atau brosurnya untuk lebih detail di http://omron-nebulizer.com/product/download_brochure/c801kd

makasih infonya, bermanfaat bgt

kalau pakai nebulizer obatnya mesti khusus? apa yang penting obatnya cair?

sejauh yang saya tau, obat yang digunakan untuk pengobatan ataupun therapi yang menggunakan nebulizer ini, diharuskan menggunakan obat khusus. Karena dikhawatirkan kalau menggunakan obat cair biasa, ada kandungan senyawaan yang tidak diperbolehkan masuk kedalam saluran pernafasan, misalnya seperti alkohol (biasa terdapat pada obat batuk cair). Juga dosis penggunaan obat nebulizer harus sesuai anjuran dokter dan yang tertera dikemasan. Karena harus disesuaikan dengan bobot dan umur anak

An, gimana cara bedaim produk nebulizer omron ini yg asli dengan yg palsu?

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon