Wednesday, May 18, 2016

Cara Menjernihkan Air Sumur Bor Menggunakan Penyaring dan Bahan Kimia (Bisa Dilakukan Sendiri Dirumah)

Brobro..
Dirumah kalian pasti pada punya dong yang namanya sumur?? Baik sumur bor dan sumur gali keduanya memiliki tujuan yang sama pastinya, yakni memperoleh air tanah. Kenapa air tanah yang diambil? alesannya ya pasti karena lebih murah, lebih cepet, lebih effisien dan lebih sehat. Logikanya nih, air tanah mengandung lebih banyak mineral yang terlarut didalamnya, namun tentu saja jumlah mineralnya ga sebaik kandungan mineral pada air pegunungan ya. Dilain hal ga sedikit air sumur yang tidak layak digunakan tentunya menjadi deretan pahit "kisah kelam" sebuah keluarga. Sebenernya air sumur mudah banget untuk dilakukan pengolahan maupun penjernihan, yakni hanya dilakukan menggunakan filtrasi atau penyaring air, yangmana tujuannya adalah menghilangkan endapan terlarut dalam air sumur.


 Filter bisa ditempatkan ketika air sumur disedot menggunakan mesin jetpump, yangmana sebelum dialirkan kedalam rumah, air melewati filter kassa yang tujuannya menghambat padatan terlarut dalam air sumur, sehingga air sumur yang dialirkan sudah dalam keadaan jernih dan bersih.

Namun kekurangannya ada pada air sumur yang akan difiltrasi menggunakan saringan air ini, kegunaan filtrasi yang hanya memisahkan partikel padatan terlarut ini, tidak mampu ikut menghilangkan bau, berminyak, dan beracun (mungkin ) yang adapada air sumur. Karena yang menentukan kualitas sebuah air sumur atau air tanah adalah :

  • Jarak antara septictank dengan sumur tersebut.
    Semakin dekat jarak septictank dengan sumur pastinya kontaminasi air oleh mikroba yang berbahaya semakin besar sehingga air sumur biasanya bau.
  • Jenis tanah yang menyusun diatasnya.
    Ketika air masuk kedalam tanah melalui pori-pori tanah, tentunya akan melarutkan mineral ikutan penyusun tanah diatasnya. Ketika tanah penyusun memiliki kandungan besi tinggi (misalnya) air sumur biasanya akan berwarna sedikit kekuningan.
  • Jenis sumber air tanah (air tanah resapan atau air tanah tampungan)
    Jenis air tampungan ini biasanya berasal dari air hujan, yangmana air hujan ditampung pada area tertentu dan dibiarkan larut masuk kedalam tanah, dan tentunya air tampungan ini berkualitas sedikit asam, karena air hujan yang biasanya bersifat sedikit asam.
  • Kedalaman sumur
    Kedalaman sumur sangat mempengaruhi kualitas air sumurnya, mengingat proses filtrasi alami oleh tanah yang semakin dalam, membuat kualitas air sumur dengan kedalaman yang semakin dalam lebih jernih.
Artikel berikut ini adalah cara mengolah air sumur yang kotor, berwarna dan bau, hingga beracun agar menjadi air bersih layak pakai yang bisa dilakukan sendiri dirumah kalian.
Nah, sebelum kita bahas mengenai cara pembuat filter air sumur yang kotor, bau, berminyak, berasa besi, jorok, dan banyak lendir, maka kalian harus tau bahan utama apa saja yang biasa digunakan untuk pengolahan air sumur, terutama air sumur bekas sawah.



PROSES FILTRASI / PENYARINGAN AIR
Filter air ini umumnya digunakan untuk pemisahan fase ukuran / partikel misalnya endapan maupun gelatin, karena air akan terlihat keruh jikalau mengandung banyak kotoran dan dengan harapan kotoran menempel pada filter sehingga air yang keluar merupakan air jernih/ bersih
banyak cara yang bisa dipakai untuk teknik filtrasi ini
ada yang menggunakan batuan, dan ada yang menggunakan filter kertas yang dijual dipasaran dengan harga cukup terjangkau 9-10rb / pcs


  • TEKNIK PENGENDAPAN / MENGGUNAKAN BATUAN

    Teknik ini digunakan untuk mengendapkan / menyaring partikel yang ada dalam air berdasarkan ukuran batuan yang berbeda sehingga penggunaan lebih akurat dan bertahan lama untuk contohnya silahkan lihat gambar in bottom sob
    kekurangan teknik ini yakni air umpan harus dialirkan dari atas  dan kecepatan alir akan tergantung kekuatan daya saring si batuan tuh, kalo batuannya udah penum kotoran ya harus digantiii dooong dan otomatis filter ini harus berada diatas dari penampung air bersih sob, dan tanpa tekanan kebayang kan butuh berapa lama untuk menjernikan 1 bak kamar mandi.

Baca Juga : Cara membuat Sumur bor Jetpump dan sumur gali dirumah

  • TEKNIK FILTRASI MODERN UNTUK POMPA MESIN
    Teknik ini nih udah terbilang modern bro, karena harga filter yang terjangkau, berbagai ukuran tersedia mulai dari 10um - 1 um, instalasi yang mudah serta pemasangan yang bisa dibikin pemasangan seri maupun paralel bak baterai. teknik filtrasi ini bisa digunakan untuk pompa air yang mana air akan didorong oleh jetpum dan tekanan yang kuat akan mampu ditahan catrige yang terbuat dari plasik tebal ini sob, untuk gambaran teknik pemasangan dan barangnya in bottom ya sob,gambar diatas merupakan instalasi penggunaan filter dengan berbagai ukuran penyaring mulau dari 10um - 1 um dan dijamin air yang dihasilkan bakalan bersih dari kotoran dan endaoan sob, biasanya air tanah bekas sawah atau balong/ kolam yang keruh cocok untuk pemakaian teknik ini.
Nah untuk penjelasan lainnya mengenai bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengolah air sumur dengan harga murah, cepat, dan berhasil bisa kalian cek di artikel selanjutnya sob, yah lo ngarti lah kenapa dibuat artikelnya banyak ya pastinya biar banyak pengunjungnya, dan banyak pula pengunjung yang ngebantu blok ini meskipun dengan cara meng-klik iklan yang ya (bukan suruhan ya cuma anjuran nanti blognya disuspend lagi) jadi sedih deh ga ada pemasukan
Beberapa bahan aktif yang umum dipakai oleh masyarakat luas dalam pengolahan air sumur yang tidak baik adalah sbb sob:





  1. MENGGUNAKAN TAWAS ATAU ALUMUNIUM OXIDE

    yangmana bahan ini akan membentuk alumunium hidrokside ketika bereaksi dengan air. alumunium hidroksida yang terbentuk akan berbentuk seperti gel yangmana sifat gel yang terbentuk memiliki berat molekul yang lebih besar dari air maka sifatnya yang akan mengendap. selama proses pengendapannya, bahan ini akan ikut mengendapkan partikel lain yang ada dalam air misalnya logam besi, minyak yang kekuningan akan ikut terendapkan dan sehingga air akan menjadi bebas besi dan minyak.

    Tentunya proses ini akan sangat baik ketika terjadi dalam suatu "bak" bukan dalam filter catrige, kenapa? karena dalam bak alumunium hidroksida akan membentuk seperti jaring yang mengendap ke bawah (tidak terganggu tekanan air mengalir karena biasanya pengolahan dalam bak tidak menggunakan air bertekanan melainkan air mengalir jadi berbeda dalam filter yangmana air akan menekan keatas sehingga proses pengendapan tidak maksimal) proses pengadukannya disebut koagulasi dan pengendapannya disebut flokulasi.

  2. MENGGUNAKAN ZEOLIT ATAU ALUMINA SILIKAT

    Merupakan senyawaan alumunium yang dikat bersamaan dengan silika dengan mengikat anion yang bersifat mudah terlepas dalam satu kesatuan senyawaan. bahan ini umumnya dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan pengolahan air yang mengandung besi dan mangan tinggi, katalis reaksi kimia, penukar ion.

    Kegunaannya lebih dominan untuk pengolahan air limbah / air sumur yang mengandung banyak besi, mangan, dan minyak, karena bahan aktif dan cara utamanya mirip seperti tawas yang membedakan bahan ini akan terus mengendap / berbetuk padat akibat senyawaan silika yang diikat namun kemampuannya mengikat mineral lain juga cukup baik.

    penggunaan zeolit sangan cocok untuk pengolahan air sumur yang terasa seperti besi/asin/berkarat karena besi akan ikut terikat dalam senyawaan ini. dan juga mampu mengikat logam berat lainnya seperti timbal (Pb), tembaga (Cu), nikel (Ni), Cobalt (Co).


  3. MENGGUNAKAN KARBON AKTIF ATAU ARANG

    karbon aktif ya sekawanan karbon sob, sekawanan karbon apasih?
    ya jadi karbon aktif adalah senyawaan karbon yang banyak ikatan karbonnya yang sifatnya sudah / telah terbakar misalnya arang kayu, arang pohon, abu daun, batubara. terus apa rumus kimia api? nah itu dia gw juga bingung ama pertanyaannya yang tiba2 ga nyambung!

    kenapa karbon aktif bisa digunakan untuk pengolahan air sumur tercemar?
    pertama nih karena karbon aktif memiliki pori2 yang cukup besar dalam skala mikroskop ya..jadi dengan adanya pori2 tersebut , karbon aktif memiliki kemampuan sebagai bahan penyerap apapun itu, mulai dari logam berat, senyawaan, pewarna, sampai kenanngan pun bisa tersimpan rapih disana! *krik..krik..


    cara kerjanya simpel, pori2 yang terbuka itu akan dimasuki oleh zat pengotor (dalam ukuran atompun mampu kok #kayaknya ya *sotoy) misalnya seperti emas dan komedo sehingga kotoranpun akan menempel terjebak dalam pori2 sehingga air yang dihasilkan dalam kategore bersih secara mikroskop dari bahan2 pengotor. (yah mirip jerawat yang abis dipencet deh jadi belobang kan kulitnya terus debu2 bisa mudah masuk deh dan bikin gelembung lagi tuh jerawat)

    Penggunaan karbon aktif biasanya ditempatkan pada bagian akhir broh, karena kemampuan penyerapannya yang sesuai dengan volume bahan yang digunakan (alias ga bisa langsung nyerap logam berat yang jumlahnya banyak banget dan air umpan dengan padatan terlarut yang tinggi)

    berbagai jenis karbon aktif yang beredar dipasaran ataupun dibuat skala rumahan beragam broh mulai dari arang batok kelapa, arang kayu jati, arang daun kembar, batubara, dan yang penting semakin kecil ukuran tuh karbon, maka semakin besar luas permukaannya yang artinya semakin efektif menyerap racun.

    karbon aktif sangat gw sarankan pemakaian dalam pengolahan air, karena cuma karbon aktif yang mempu mengikat logam berat dalam jumlah yang kecil seperti merkuri dan arsenik sob.


  4. MENGGUNAKAN KAPORIT 


    Merupakan senyawaan kimia (CaOCl)yang sifatnya sebagai oksidator, bahan ini pastinya bersifat korosif alias merusak & mengiritasi kulit. serta tentunya bersifat anti bakteri / membunuh bakteri.
    penggunaannya dalam skala rumah sangat tidak dianjurkan karena terlalu berbahayanya jika bahan ini sampai masuk ke tubuh.

    Tapi kenapa banyak kolam renang yang pakai kaporit??
    kolam renang umum pastinya dikunjungi banyak orang yang berbada2, ada yang datang dalam kondisi berpanu, berkurap, kencing dikolam, ada yang cepirit, sehingga dipastikan kolam akan mengandung banyak bakteri yang tentunya mampu menularkan ke orang lain yang sehat, sedangkan volume air yang banyak tidak memungkinkan untuk pemilik mengganti airnya setiap hari karena biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. makadari itu air kolam biasanya ditambahkan kaporit, pada sore /malam hari dengan harapan seluruh bakteri akan mati dan air dalam kondisi bebas bakteri, dan juga sifatnya sebagai pemutih mampu menjernihkan air yang sudah keruh /berlumut.
    kaporit umumnya juga digunakan oleh PDAM karena pertimbangan jalur saluran air bersih yang amat jauh untuk sampai kerumah2 masyarakat dan ditakutkan selama perjalanan air malah menjadi bau, keruh akibat kotornya saluran pipa air. maka kaporit menjadi pilihan terbaik, sehingga produk air bersih yang sampai masyarakat masih dalam keadaan jernih, tidak berbau, dan tidak mengandung bakteri

    ya jadi kalo air sumur mau langsung jernih tapi berbahaya bagi keluarga silahkan gunakan kaporit kedalam sumur kalian, dan kaporit tentunya akan larut dalam air karena sifatnya yang mudah larut dalam air, berbeda dengan bahan lainnya.

2 comments

Oiya jadi ingat waktu kuliah dulu.
Jarak sumur-setik tank ada minimalnya berapa biar ga mencemari.

hehehe..emang pelajaran kuliah kok.
jarak minimal agar ga terjadi pencemaran ke air tanah 10 meter

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon