Friday, April 29, 2016

Cara Budidaya, Membedakan Jenis Kelamin, Ikan Cupan Hias, Aduan, dan Termahal


Brobro..
Buat kalian yang lagi demen banget sama hewan peliharaan yang satu ini, pengen membudidayakannya tapi ga tau begimana cara membedakan ikan cupang jantan dan betina, ada baiknya disimak baik-baik nih artikel dibawah, yakni membahas tmengenai cara membudidayakan, ternak, membedakan ikan cupang atau ikan cupan hias aduan. 


Ikan Cupan adalah salah satu jenis ikan yang diminati banyak kaum pria dan waria yah!

Alasannya adalah keelokan tubuh dan warnanya yang mampu membuat kita terpesona banget sama hewan peliharaan yang satu ini. tapi cara bedain kelamin hewan ini bisa dibilang susah-susah, kemplang yah!. Pembahasan utama adalah cara membedakan jenis kelamin ikan hias jenis ikan cupan atau cupang aduan ini nih, karena kalo kalian ga tau cara membedakan jenis kelamin ikan hias ini, yah percuma aja dibudidayain, karena binatangpun ga ada yang menyukai sesama jenis alias LGBT tapi kenapa kalian para pelaku LGBT demen banget ya ama sesama jenis?? Belajar lah dari ikan hias cupang ini, mereka bisa hidup bersama ketika berbeda kelaminnya, kalo sama jenis kelaminnya, bakalan jadi ikan cupang aduan namanya!

Nah buat kalian yang penasaran cara membedakan jenis kelamin ikan cupan simak nih pembedanya.


ikan cupan jantanikan cupan betina
1. Tubuhnya langsing1. Tubuhnya gempal
2. Gerakannya lincah2.  Pergerakannya lamban
3. Ekornya panjang dan mekar indah jika di         dekatkan pada cupang lain                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           3. Ada titik putih pada perutnya

 
4. Warna tubuhnya menarik4. Warna tubuh dan ekornya sedikit kusam / kurang menarik dipandang

Nah..gampang bet kan cara bedain jenis kelamin ikan cupan???

Sekarang dibahas cara membudidayakan dan berternak ikan hias cupan nih!

Sebelum pemijahan/ budidaya dilakukan, pastikan indukan jantan dan betina sudah masuk dalam fase matang  atau siap untuk dikawinkan. karena mengawinkan anak-anak tentu ga baik kan, dikhawatirkan mereka belum bisa membedakan jenis kelamin betina dan jantan, nanti kalau mereka asal tusuk kan kalian bakalan repot..hehehe

Adapun ciri-ciri indukan yang telah menunjukkan siap kawin adalah sebagai berikut.
Untuk cupang jantan:
  • Berumur setidaknya 4-8 bulan
  • Bentuk badan panjang
  • Siripnya panjang dan warnanya terang atraktif
  • Gerakannya agresif dan lincah
Untuk cupang betina:
  • Berumur setidaknya 3-4 bulan
  • Bentuk badan membulat, bagian perut sedikit buncit
  • Siripnya pendek dan warnanya kusam tidak menarik
  • Gerakannya lambat
Dalam satu kali perkawinan, ikan cupang bisa menghasilkan sampai 500 butir telur. Telur tersebut akan menetas dalam waktu 24 jam setelah pembuahan. Berdasarkan pengalaman para pembudidaya, tingkat kematian pembenihan ikan cupang cukup tinggi. Dalam satu kali kawin biasanya hanya dapat dipanen 30-50 ikan cupang hidup. alias tingkat hidup telur hanya berkisar 5-10% aja!
Indukan jantan bisa dikawinkan sampai 8 kali dengan interval waktu sekitar 2-3 minggu. Sedangkan indukan betina disarankan hanya dikawinkan satu kali saja. kalo dipaksa, pada perkawinan berikutnya akan terjadi penurunan keragaman jenis kelamin. Dimana anakan ikan semakin didominasi kelamin betina.
Berikut langkah-langkah pembiakan ikan cupang hias dan aduan:
  • Isi tempat pemijahan dengan air bersih setinggi 10-15 cm. Sebagai catatan gunakan air tanah atau air sungai yang jernih. Endapkan terelebih dahulu air yang akan dipakai setidaknya selama satu malam. Hindari penggunaan air dalam kemasan atau air PAM yang berbau kaporit karena membahayakan keselamatan indukan.
  • Pastikan suhu air berkisar antara 21 - 31 celcius dan baiknya pada suhu kamar
  • Tambahkan kedalam wadah tersebut tanaman air, sebagai tempat burayak berlindung. Tapi penempatan tanaman air jangan terlalu padat. Karena tanaman air berpotensi mengambil oksigen terlarut yang ada dalam air, dan ikan akan mati kehabisan oksigen yang terlarut dalam air
  • Masukkan ikan cupang jantan yang telah siap kawin. Biarkan ikan tersebut selama satu hari dalam wadah. Ikan cupang jantan akan membuat gelembung-gelembung udara. Gunanya untuk menyimpan telur yang sudah dibuahi. Untuk memancing si jantan membuat gelembung, masukkan ikan cupang betina tetapi dipisah. Caranya, ikan betina dimasukkan dalam gelas plastik bening (bekas gelas akua) dan benamkan ke dalam aquarium dimana ikan jantan berada.
  • Setelah indukan jantan membuat gelembung, masukkan indukan betina. Waktu pemijahan/ pengawinan ikan cupang biasanya terjadi sekitar pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif ketika kawin, sebaiknya tutup wadah dengan koran atau letakkan di ruang yang terhindar dari hilir mudik orang dan suara bising, yah mereka ga berbeda jauh deh ama kita.
  • Setelah terjadi pembuahan angkat segera indukan betina! karena yang bertanggung jawab membesarkan dan menjaga burayak adalah cupang jantan. Dengan mulutnya si jantan akan memunguti telur yang telah dibuahi dan meletakkannya pada gelembung-gelembung tadi. Apabila indukan betina tidak diangkat, maka telur-telur yang telah dibuahi akan dimakan si betina. dna pastikan juga makanan indukan jantan selalu tersedia ya, biar mereka ga memakan telur-telur anakannya
  • Ketika telur masih berumur 1- 2 hari, telur tersebut tidak perlu diberi makan, karena masih terdapat kuning telur sebagai asupan utamanya
  • Setelah kurang lebih satu hari telur-telur tersebut akan menjadi burayak. Selama 3 hari kedepan burayak tidak perlu diberi pakan karena masih ada nutrisi yang terbawa dalam telur. Ikan cupang jantan juga akan berpuasa selama menjaga burayak.
  • Setelah tiga hari terhitung sejak telur menetas, berikan kutu air (moina atau daphnia) atau infusaria (plankton) Pemberian pakan jangan lebih banyak dari burayak karena pakan akan mengotori air dan menyebabkan kematian pada burayak.
  • Indukan jantan baru diambil setelah burayak berumur 2 minggu terhitung sejak menetas. Pindahkan burayak tersebut pada wadah yang lebih besar dan berikan kutu air yang lebih besar atau larva nyamuk.
  • Setelah 1,5 bulan, ikan sudah bisa dipilah berdasarkan jenis kelaminnya. Kemudian pisahkan ikan-ikan tersebut ke wadah pembesaran.

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon