Selasa, 19 April 2016

Arti Simbol Cara Mencuci Pakaian Menggunakan Mesin Cuci dan Mesin Pengering

Brobro..
Buat kalian para pemudapemudi saat ini, sepertinya udah ga terlalu mentingin masalah perawatan baju yah!.. Karena memang bajunya dibeliin sih sama mamah papah, kalo kita mah sampe sekarang, jikalau mau beli baju keren harus nabuuung dulu, minimal 2 tahun sekali beli baju baru lahhh...*busungdada
jadi buat kalian yang sangat peduli dengan penampilan, pasttin kalian udah ngarti mengenai permasalahan dalam berbagai jenis perawatan pakaian. Apapun jenis pakaian itu. Mau berupa kaos, kutang, daleman, seraram, ke
meja, barang import, import sisa, beli kiloan, baju kualitas eksport lah..

Sebenernya, cara perawatan yang pakaian yang baik sudah diberikan langsung melalui informasi darilabel yang ditanamkan pada pakian tsb, tata cara perawatan yang sesuai dengan jenis bahan dasar pakaian itu bro. Perawatan  mulai dari:
  • Cara Merendam pakaian
  • Cara Mencuci pakaian (baik menggunakan mesin cuci atau tangan)
  • Cara Menjemur atau mengeringkan pakaian yang baik agar warna tidak cepat luntur
  • Cara Memperlicin serat pakaian (sterika) agar pakaiannya awet
Tapi buat kalian yang belum ngarti mengenai permasalahan itu, baiknya lanjutkan  baca artikel ini sampai selesai ya!

LOGO PERAWATAN PAKAIAN DIBEDAKAN MENJADI 4 JENIS YAKNI:

  1. PROSES PENCUCIAN

    Bila kalian menemui logo ini, biasanya diinformasikan teknik mencuci pakaian yang baik sesuai dengan jenis bahannya. Misalnya ada beberapa jenis bahan pakaian yang hanya bisa dicuci menggunakan tangan, cuci kering, dan mesin cuci.
    Informasi ini juga menjelaskan teknik perendaman yang sesuai dan juga suhu yang baik untuk digunakan selama proses pencucian yang tujuannya mempertahankan kualitas pakaian semaksimal mungkin.


    Berbeda halnya, jika kalian menemukan logo diatas yang artinya mencuci kering, maksudnya proses pencucian / membersihkan pakaian dilakukan dengan cara pengeringan dengan penambahan bahan yang mampu membunuh kuman dan bakteri secara cepat alias tidak ada unsur air dan deterjen yang digunakan

    Biasanya, bahan kimia yang digunakan untuk mencuci kering adalah etanol, atau golongan alkohol lainnya. karena bahan jenis ini sudah dikenal lama tentang keamannannya dan keampuhannya dalam membunuh kuman serta bakteri yang mungkin masih menempel pada pakaian kalian, dan juga pakaian yang dicuci kering bakalan cepat kering akibat sifat bahan yang digunakan adalah mudah menguap.
  2. PROSES MEMBERSIHKAN NODA DAN PEMAKAIAN PEMUTIH
    Bila kalian menemukan logo ini, pastikan memperhatikan penggunaan bahan pemutih pakaian pada saat mencuci dan membersihkan noda. Biasanya, pakaian dengan warna terang dilarang menggunakan pemutih pakaian dalam membersihkan nodanya, karena akan memudarkan warna pakaian sekejap dalam sekali penggunaan. Hal ini disebabkan pengaruh ion klorin yang terkandung dalam pemutih yang bersifat oksidator (membersihkan) mampu melarutkan senyawaan pewarna pada pakaian.
  3. PROSES PENGERINGAN

    Bila kalian menemukan logo kotak ini, maksudnya adalah panduan dalam cara mengeringkan pakaian yang baik. Jika ada satu titik dalam gambar, maka baju hanya boleh dikeringkan dengan suhu terendah. Tapi, bila ada tanda silang dalam simbol, maka busana tersebut tak boleh dikeringkan dengan mesin cuci. Cara ini juga menjelaskan pula boleh tidaknya pakaian dijemur ditengah terik matahari setelah proses pencucian. Biasanya, bahan yang memiliki ketebahan rendah tidak diperbolehkan untuk dijemur atau dikeringkan menggunakan mesin pengering karena akan cepat merusak serat pakaian dan akhirnya pakaian akan mudah robek.
  4. Menyeterika


    Bila kalian menemukan logo mesin strika ini, pastikan menggunakan suhu yang sesuai petunjuk ketika melakukan strika ya. misalnya s
    imbol setrika dengan satu titik berarti pakaian harus diseterika dengan suhu rendah, Dua titik dapat diseterika dengan suhu sedang, dan tiga titik, dapat diseterika dengan suhu tinggi. Semakin tebal bahan pakaian maka membutuhkan energi panas yang lebih tinggi ketika melicinkannya.
nahh...sekian artikel yang dibahas kaliini,
Semoga artikelnya membantu kalian untuk menjaga dan merawat pakaian yang digunakan sampai akhirnya kelak.

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon