Thursday, August 2, 2012

cara membuka laptop / pc / komputer yang terkunci karena password / lupa password windows 7, xp, vista

Backdoor Password BIOS / Master Password Generator - Cara termudah membuka BIOS yang terkunci pada laptop windows 7, XP, VISTA

Backdoors Password BIOS adalah mekanisme paling mudah untuk melewati password BIOS. Untuk hal itu dibutuhkan Master Password Generator untuk menghasilkan kode password yang dapat menonaktifkan password BIOS. Banyak software lain untuk meresetnya seperti 
!BIOSCmosPwd,KeyDisk dll. tapi itu tidak mudah dan selalu ada resiko layar menjadi "blank".


Sekilas tentang BIOS :

Ketika laptop terkunci dengan password, checksum dari password disimpan ke FlashROM, yaitu sebuah chip pada mainboard perangkat yang juga berisi kode BIOS dan pengaturan lainnya, misalnya memori timing. Checksum ini ditampilkan setelah memasukkan password yang valid dengan batasan input tiga kali.


Bila tidak maka akan muncul pesan "Sistem Disabled" yang hanya taktik vendor untuk menakut-nakuti kamu. Karena ketika kamu bisa menghapus semua proteksi dari laptop dan mere-boot-nya, BIOS akan bekerja dengan normal. Dari checksum (yang juga disebut "hash") tersebut kita juga dapat menemukan password yang valid dengan cara brute-forcing.

Mekanisme bypass dari vendor BIOS bekerja dengan kode yang ditunjukkan hash. Kode ini biasanya adalah urutan angka yang ditampilkan secara acak.

Beberapa vendor BIOS dapat menyimpan password berupa teks biasa ke FlashROM namun bukan untuk dicetak tetapi hanya untuk checksum, versi terenkripsi dari password juga akan ditampilkan. Dan vendor BIOS lainnya hanya dapat memperoleh master password dari nomor seri laptop.

Beberapa vendor BIOS telah menerapkan langkah-langkah yang membingungkan untuk menyembunyikan hash dari user, beberapa laptop FSI meminta untuk memasukkan tiga password khusus untuk hash yang muncul (misalnya "3hqgo3 / jqw534 / 0qww294e", "enable password master", bergeser satu ke atas / ke kiri pada keyboard).

Beberapa laptop HP / Compaq hanya menampilkan hash jika tombol F2 atau F12 telah ditekan sebelum memasukkan sandi tidak valid untuk terakhir kalinya.

Tergantung pada "format" dari kode password / hash (misalnya apakah angka saja atau angka dan huruf yang digunakan, apakah berisi tanda hubung, dll). Jadi kamu harus memilih script kode yang tepat untuk membuka BIOS.

Masalah terbesarnya adalah mencoba satu persatu dari semua backdoor password dan kita hanya akan menemukan satu yang cocok untuk laptop tersebut. Tapi tidak ada alasan untuk membuka BIOS laptop yang terkunci bukan ?

Special thanks : kepada Вячеслав Бачериков yang telah mengubah script program Master Password Generator buatan Dogbert's dengan Python 2.6 ke javascript sehingga kita semua bisa memecahkan kode hash BIOS kita hanya dengan lewat website.

Oks kita lanjutkan ...

Cara membuka proteksi BIOS dengan kode Backdoor Password :

1. Hidupkan laptop, tekan tombol BIOS (sesuai laptop, bisa : F2 / F12 dll.)

2. Masukkan kode password dengan acak / sembarang, biasanya di minta sebanyak 3 kali.

3. Maka akan tampil pesan "System Disable" dan kode hash [xxxxx]. Catat kode
   
hash tersebut.



4. Buka website Master Password Generator => klik DISINI

5. Masukkan kode hash BIOS laptop yang tadi di catat, lalu klik Compute



7. Catat semua kode dan coba masukkan satu persatu kode backdoor pada BIOS yang  
   
terkunci

8. Bila bisa masuk ke dalam setting BIOS, ubah Supervisor Password

9. Memasukkan kode backdoor pada Old Password lalu Enter

10. Kosongi New Password dan Confirm Password dengan menekan tombol Enter

11. Tekan F10 atau Save BIOS Setting

12. Selesai.


Telah di coba pada ACER Aspire 4920BIOS Phoniex dan hasilnya 100% working !!!

*CATATAN :

Harus disadari bahwa beberapa vendor BIOS menggunakan skema yang berbeda untuk password master, itu berarti memerlukan alat khusus me-reflash BIOS, misalnya IBM / Lenovo. Jika kamu melihat laptop yang tidak menampilkan hash atau script tidak bekerja karena alasan apapun, cobalah untuk :
  • Gunakan keyboard USB untuk memasukkan password untuk menghindari cacat potensial dari keyboard built-in
  • Gunakan CmosPwd untuk menghapus password jika laptop masih bisa booting.
  • Flash ulang BIOS menggunakan prosedur pemulihan darurat. Biasanya, kode darurat lampu kilat diaktifkan dengan menekan kombinasi tombol tertentu sementara laptop dalam keadaan hidup. Disini perlukan USB Flashdisk khusus berisi kode binary BIOS. Perinciannya sangat tergantung pada model laptop tertentu. Juga harus di mengerti bahwa langkah ini berpotensi dapat membuat laptop kamu menjadi "brick" / "blank" / matot. Jadi prosedur ini hanya boleh dilakukan sebagai tindakan terakhir.
  • Beberapa tag servise laptop Dell yang hilang akhirannya, boleh mencoba password cukup dengan menambahkan -595B, -2AB7 dan -D35B pada tag service.
  • Password untuk beberapa laptop HP dipecahkan dengan script ini .
  • Metode unlocking untuk beberapa laptop Toshiba dijelaskan di sini.
  • Beberapa model laptop yang lebih tua memiliki layanan manual yang menentukan lokasi jumper / solder yang dapat diatur untuk menghapus password.
Jika tidak ada metode di atas bekerja, silakan gunakan dukungan vendor BIOS.



ataupun cara lain untuk membuka komputer / laptop yang terkunci karena lupa passwordnya sbb :
    1. Download file BIOS_PW.exe dari internet
    2. Simpan di laptop atau komputer yang normal, misal di drive D:\
    3. Hidupkan laptop yang BIOSnya terkunci, masuk BIOS sampai keluar kode error dengan menekan tombol enter terus menerus, catat kode error tersebut, misal kode errornya 14452
    4. Jalankan file BIOS_PW.exe melalui laptop atau komputer normal menggunakan DOS Mode (dari run ketik CMD) disertai kode error misal d:\>BIOS_PW 14452
    5. Akan keluar sederet password alternatif


    6. Cobalah satu per satu password tersebut di laptop yang terkunci passwordnya.
Demikianlah artikel blog kumpul-bacaan tentang Trik Mantap Mengatasi Lupa Password BIOS Laptop semoga membantu Anda. Terimakasih atas kunjungan lo lo pade dan beberapa sumber utama artikel ini yaitu
- http://jeffgaronk.blogspot.com
- http://tips-komputer.com

8 comments:

  1. pasti ribet ya nyobanya,
    kalo masih ga bisa ya terpaksa diinstal ulang aja, tapi tenang kok cuma drive system yang terhapus, jadi kalo drive kamu dipisah menjadi beberapa bagian pastinya drive lain tetep aman..
    kalo ngga ketukang servis komputer aja buat ngebuka komputer kamu, biayanya sih sekitar <50.000

    ReplyDelete
  2. tengkiuuuuuuuu agaaaaaaaannn !!!

    ReplyDelete
  3. wah kaalu kaskus saya ini, begitu tekan enter 3 kali laptop langsung mati.
    kasus pada TOSHIBA satelite L500

    ReplyDelete
  4. wah kalo gitu mah masalah mungkin ada pada papan keyboard masbro, misalnya berawal dari cipratan cairan yang ngerembes ke keyboard jadinya pas kite mencet apa sang komputer nerimanya apa..
    sarannya sih ganti papan keyboard masbro tapi bisa juga dibersihin pake ethanol masbro

    ReplyDelete
  5. Setelah menghidupkan laptop, tombol F2 maupun tombol lainnya tidak berfungsi, dan yang muncul di layar adalah perintah memasukkan password. password pada BIOS yang saya buat dulu terdiri atas 16 karakter huruf dan saya masih ingat password tersebut, namun ketika mengetikkan password itu hanya bisa sampai dengan karakter ke 10. artinya, saya tidak bisa mengetikkan passwordnya secara lengkap, sehingga password tersebut error. apa yang salah jika dilayar hanya muncul sampai karakter ke 10 dan bagaimana caranya agar saya bisa mengetik password yg 16 digit tsb? mohon bantuannya. Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Habis dijumper pin 2 disamping baterai bios tu,kok menu hilang semua.satelite c640

    ReplyDelete

plese no spam.!!