Saturday, June 1, 2024

begini Cara Mengenali Emas Batangan Palsu atau Asli

Guys, setelah sekian tahun tidak aktif, alhamdulilah mulai ada kesempatan ngeblog lagi. Janganlupa subscribe chanel facebook, youtube kumpulbacaan yap!

Belakangan, rame isu beredar bahwa 109ton emas batangan palsu beredar dimasyarakat, yang tentunya bikin was-was para masyarakat ekonomi lemah dan ekonomi kuat.
Meskipun kita tau, kamu ga akan bisa sekuat luka hati ini yang selalu berusaha melupakan kenanganmu.

Emas, adalah salah satu mineral berharga yang berkode (Au) dengan nama lain Aurum. Keunggulan emas dibanding logam lainnya adalah tingkat kestabilannya dan kemudahannya dalam ditempa. Emas pada dasarnya banyak ditemui dalam bentuk "nugget" atau dalam keadaan bebas tanpa terikat dengan mineral lainnya. namun, emas lebih banyak terikat dalam ikatan mineral berupa kuarsa, barite, dan sebagainya.

Karena kestabilannya yang kuat inilah yang membuat emas sulit untuk dilarutkan dalam senyawaan asam biasa. Senyawaan aquaregia adalah campuran asam klorida (HCl) dan asam nitrat (HNO3) dengan perbandingan 3:1 merupakan campuran yang mampu memberikan serangan kuat yang mampu melarutkan emas.

maka dari itu, salah satu cara memastikan emas batangan antam kamu asli apa ngga adalah dengancara berikut :

  1.  Cara pertama, yakni berdasarkan sifat kelarutan emas.
    Melarutkan emas batangan antam yang kamu curigai palsu menggunakan aquaregia atau sering disebut "air raja". cara ini biasa dipakai para penaksir emas baik di toko penggadaian maupun penaksir emas kakilima. namun kamu harus kamu ketahui adalah kamu harus merelakan emas batangan kamu dibuka kemasannya yang tentu mengurangi nilai jualnya kelak akibat hal tsb.

    cara mengenali emas batangan kamu palsu atau asli yakni pertama-tama menggoreskan emas batangan antam kamu kesebuat batu halus yang biasanya berwarna hitam sampai terlihat goresan yang dibentuk dari emas batangan tsb berwarna kuning pada batu tsb.

    kemudian, teteskan bahan kimia asam nitrat kadar (HNO3) 62% 1-2 tetes kebekas gosetan pada batu hitam tsb.
    jika warna goresan hilang segera, besar kemungkinan emas kamu palsu, atau dengan katalain kemurnian emas pada emas batangan antam tersebut sangat rendah, namun jika warna goresan kuning memudar namun masih terlihat sedikit goresan menguning, menandakan kadar kemurnian emas cenderung cukup tinggi namun tidak sampai 99.99% sesuai standard kemurnian emas batangan yang dijual antam.
    namun jika goresan kuning tersebut tidak hilang oleh asam nitrat setelah ditetesi, besar kemungkinan kemurnian emas antam yang kamu miliki 99.99%

    Selanjutnya, teteskan 3-6 tetes bahan kimia asam klorida kadar 32%
    jika ketika ditetesi asam klorida ini goresan kuning emas memudar. barulah menandakan emas batangan antam kamu sangat besar kemungkinannya memiliki kemurnian yang tinggi yakni 99.99%

  2. Cara kedua, yakni berdasarkan berat jenis emas.
    penentuan kemurnian emas berdasarkan berat jenis merupakan salah satu teknik yang patut dicoba karena dapat dilakukan dengan mudah dirumah. yangmana hanya dibutuhkan timbangan dengan 3desimal atau dengan ketelitian 0.001gr tanpa dibutuhkan bahan kimia sama sekali.
    langkah langkah pengukuran mengenali emas batangan asli atau palsu adalah sebagai berikut :

    Pertama,
    Timbang emas batangan kalian yang sebelumnya sudah dibuka kemasannya diatas timbangan apapun itu (makin kecil kapasitas timbangan, makin teliti pembacaannya)
    dan catat berat emas tersebut (berat emas diudara)

    Kedua
    Siapkan gelas berisi air secukupnya diatas timbangan dan lakukan re-zero atau mengenol-kan pembacaan timbangan. lalu gunakan benang untuk mengikat emas batangan kalian dan celupkan kedalam air didalam gelas tersebut lalu catat berat yang ditampilkan oleh timbangan.

    Ketiga
    lakukan perhitungan nilai berat jenis berdasarkan rumus berikut :

    Keempat
    lihat  kemurnian emas dapat dilihat berdasarkan berat jenisnya sesuai tabel dibawah


    Setelah berat jenis yang diperoleh disinkronkan dengan tabel diatas, maka kemurnian emas batangan antam kalian bisa diperoleh baik dalam satuan persen kemurnian atau dalam satuan karat.

    Atau jika kalian masih penasaran cara pengukuran berat jenis emas bisa cek dividio berikut :


This Is The Newest Post

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon