Monday, January 2, 2017

Pengalaman Enak dan Nggaknya Kerja diSektor Pertambangan dan Gaji di Berbagai Perusahaan Mining

Buat sebagian orang, kerja disektor pertambangan pastinya adalah sebuah impian. Kenapa begitu? karena memang komoditas yang satu ini terbilang memiliki nilai jual yang cukup tinggi dipasaran, dan tentunya memberikan timbal balik yang terbilang lumayan untuk para karyawannya. Bahkan untuk masuk bekerja kedalam sektor pertambangan saat ini terbilang "sulit" , lagi kenapa?
Karena memang "nepotisme" yang sudah menancap dalam bagi para pelaku pekerja dibidang ini sejak dulu sudah benar-benar mendarah daging. Mulai dari ikatan almamater perguruan tinggi, sekolah, temanlama, kumpulan orang-orang yang memiliki ikatan persaudaraan dengan "nama belakang", sampai kumpulan orang yang doyan menyatukan para "penjilat" demi dunia yang terus mereka kejar yangmana mereka harus memupuk dari bawah agar bisa melesat setinggi-tingginya.
Kesombongan tentunya adalah hal yang lazim dilakukan oleh banyak orang bekerja disektor ini. Belumlagi prostitusi yang selalu merebak pada sektor pekerjaan ini, menjadi hal yang tak lagi "tabu". Alasannya? adalah nafsu yang selalu tak terhtahankan, dan merekapun lupa akan apa itu akhirat, namun berdalih dengan ucapan yang selalu sama "yang saya lakukan ini untuk keluarga!"

Ijazah, seperti hal yang masih tabu bagi sebagian orang yang bekerja didalam sektor ini, sama seperti halnya perminyakan, dimana pekerja yang mampu bertahan dalam dunia luar akan jadi pemenang, sebenarnya memang dunia luar tsb yang biasa saja, namun diceritakan sebagai hal yang aman luarrrr biasa. Dan saling menjelekkan adalah yang membuat mereka terus terlihat mampu. Sayangnya, yang dikumpulkan itu hanyalah seberapa, dan tak seberapa jika dibandingkan dengan nilai kehangatan sebuah keluarga.
Orang banyak bilang, kalo kerja disektor ini harus kuat mental dan bisa apa aja!. dan kenyataannya adalah gak semua pendapat yang dibilang benar, karena terlalu banyak orang yang kuat bertahan akan pekerjaan yang berat namun menghasilkan batangan emas yang berat juga!. Dibilang sulit? Yah, itulah mereka, yang ingin menjatuhkan lawan tanpa harus melawan.

Pengalaman Enaknya bekerja erja disektor pertambangan adalah

  • Gaji yang terbilang besar (min.diatas 4juta/bulan kelas terendah dan itu juga pertambangan PMA china ya!)
  • Gak perlu bayar makan (tersedia makan 4kali sehari dan makan sepuasnya)
  • Bisa nabung, karena gak semua kontraktor perusahaan pertambangan memiliki jadwal kerja yang membolehkan karyawannya off disetiap bulan dan uang pasti "aman"
  • Setiap hari bisa overtime alias lembur
  • Ada penghasilan tambahan perhari onsite (dilapangan)
  • Kerja dengan banyak lelaki dan minimum perempuan
Pengalaman Nggak Enaknya Bekerja disektor Pertambangan adalah :

  • Jauh dari keluarga 
  • Hanya bisa pulang dan berkumpul dengan keluarga (minimal 1bulan sekali dan maksimal 4bulan sekali selama sekitar 2minggu saja)
  • Gak bisa seenaknya pulang kalau ada berita duka keluarga.
  • Sering berantem 
  • Kerja tanpa libur (fulltime 7hari/minggu)
  • Kalo sakit, gak ada yang ngurusin kalo bukan temen baik.
  • Sering melihat banyak kesombongan dan cerita keangkuhan yang muak didengarkan!
  • Seperti mengutamakan dunia dibanding akhirat.
Gaji bekerja disektor pertambangan bisa dikatakan lebih besar dibandingkan perkotaan, yah karena memang upah yang diterima adalah upah bulanan + upah lembur harian (senin-jumat) dan upah lebur dihari libur, danjuga biasanya selalu ditambahkan intensif onsite (jika sedang berada dilapangan) sehingga gaji bulanan akan terlihat "besar".

gak sedikit juga perusahaan mining yang memberikan bonus tambahan triwulan ataupun tahunan berdasarkan target produksi yang mereka sudah tetapkan setiap bulannya. Biasanya, bonus produksi yang diterima bagi karyawan "owner" dan kalo kontraktor, teteplah cuma THR setahunnya!.
Seperti Frreport dipapua dan Newmont (Sekarang Amman Minerals) disumbawa yang bonus triwulannya terbilang "dahsyat" danjuga standard penghasilan mereka bukan atas bekerja lembur tapi karena memang perusahaan PMA yang sudah berkelas, sehingga perhitungan gaji karyawan berdasarkan gaji perjam kerja alias karyawan digaji sebagai profesional (dihitung /jam kerja).

Beberapa kontraktor pertambangan yang banyak berseliweran diberbagai proyek pertambangan seindonesia antaralain.



Baca Juga : Kisah Haru kerja Disektor Pertambangan



Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon