Rabu, 20 Juli 2016

Review Bedanya PowerBANK Abal Dan Yang Berkualitas

cara membedakan powerbank asli dan palsu
sumber : www. mi.com
Brobroooo...
Sering ngalamin ga sih kalo paket internet data kita dinyalakan terus, smartphonenya cepet banget abis baterainya?? kalo iya, ya berarti kita memang butuh yang namanya powerbank untuk mengcover smartphone kita biar ga kehabisan baterai saat diperjalanan apalagi kalo kita dituntut untuk selalu online dan aktif smartphonenya. 
Powerbank dimasa ini udah seperti nyawa kedua sebuah smartphone ya (karena logikanya, kucing aja punya 9 nyawa loh, masa smartphone kita cuma punya satu nyawa...heheh), karena memang smartphone yang banyak digunakan saat ini kebanyakan kapasitas baterainya berkisar diantara 1800-2200mAh ya!. Yang artinya masih terlalu kecil ketika digunakan untuk berselancar diinternet dalam keseharian, dan karenanya itu kegunaan powerbank yang bisa memulihkan tenaga baterai smartphone kita dimanapun ini menjadi pilihan terbaik untuk masyarakat indonesia yang kebanyakan hapenya udah selevel smartphone.
Powerbank yang tersedia dipasaran indonesia saat ini jumlah dan jenisnya udah beragam banget, sehingga perlu sebuah pengetahuan akan jenis baterai yang digunakan serta kebenaran tegangan yang dimilikinya loh! karena memang banyak powerbank yang menulis berkapasitas besar seperti 12.000mAh tapi cuma bisa dipake ngecas baterai smartphone yang kapasitasnya 2000mAh.
Dan penjelasannya adalah mungkin secara matematis kita bisa menghitung seperti gitu dimana 12.000mAH (kapasitas baterai powerbank) bila dibagi 2.000mAh (kapasitas baterai smartphone) akan menghasilkan angka 6 yang berarti bisa di isi ulang sampai 6 kali. Tapi, prakteknya gak seperti itu, karena adanya konversi daya dan daya yang hilang saat proses isi ulang dilakukan biasanya berkisar 5-10% (tergantung suhu dan panjang kabel)


Biasanya PowerBank memiliki tegangan 3.7 volt dan untuk mengisi ulang baterai membutuhkan tenaga 5 volt. Begini perhitungan konversi nya :
(kapasitas PowerBank x tegangan PowerBank) : tegangan yang dibutuhkan maka dalam kasus ini kita akan mendapatkan angka 8.880 dari perhitungan

(12.000 x 3.7) : 5 = 8.880
kalo, kita anggap tenaga yang hilang dari pengisian ulang daya adalah 10 %. Maka 8.880 dikurang 10% akan menghasilkan angka 7.992mAh.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa sebuah PowerBank dengan kapasitas 12.000 mAh, hanya memiliki kapasitas asli 7.992 mAh. Tiap kali pengisian daya membutuhkan 2.000 mAh, maka dengan PowerBank kapasitas ini kita dapat mengisi kurang lebih 4 kali saja dengan asumsi pengisian daya kali ke 4 baterai dicharging tidak penuh.


Dan perlunya pengertian serta pemahaman dalam membeli sebuah powerbank haruslah memiliki dasar, karena ada beberapa contoh powerbank abal (palsu) yang banyak beredar dipasaran nih!


ciri powerbank palsu aspal
Misalnya banyak powerbank abal (palsu) yang menggunakan media pasir terbungkus didalam cover sebuah powerbank untuk mengelabui pelanggan yang masih berasumsi "makin berat powerbank makin besar kapasitasnya". Pelanggan yang tentunya sulit untuk membedakan hal ini ketika membeli powerbank jenis abal yang satu ini, karena kita harus membuka cover powerbannk dahulu untuk mengetahui kebenarannya, dan itu gak mungkin bisa dilakuin ditoko tempat dimana kita beli kan???

Cara menghindari untuk hal seperti ini adalah dengan membeli powerbank yang memang 'Bermerek' ditoko yangjuga memberikan garansi (meskipun beberapa hari) yang itu menandakan penjual berani mempertaruhkan nama tokonya untuk menjual barang yang memang berkualitas. Selain itu, harga memang gak pernah bohong loh! powerbank abal pasti dijual jauh lebih murah atau berbandingterbalik dengan kapasitas yang dimilikinya. Misalnya, untuk powerbank berkapasitas 6000mAh yang harganya masih berkisar rp.100000.- dan jika kalian menemui penjual yang berani menjual powerbank berkapasitas 6000mAh dengan harga rp.30000 - 40000.- bukan tidak mungkin kalian bakalan mengalami hal seperti ini.
rangkaian arus baterai powerbank

Dan kasus kedua besarnya mAh (kapasitas baterai) yang tertera pada cover powerbank tidak sepenuhnya benar, karena perbedaan asumsi dan kurangnya pengetahuan bisa menjadi alasan dibalik kebenarannya. Teknik pemasangan pada rangkaian baterai menjadi alasan dibaliknya.
Tapi kalian gak perlu terlalu khawatir untuk hal ini, karena biasanya proses charging gak akan berlangsung ketika voltase yang masuk ke smartphone <5Volt, tapi mungkin proses charging masih akan berlangsung untuk handphone low-end.
Tapi lain cerita jika produsen menggunakan converter voltase untuk mempermainkan teganga ya, karena hal seperti itu memang masih mungkin terjadi loh!

Dan sekali lagi, cara menghindari akan hal ini adalah membeli powerbank memang pada toko resmi yang berani memberi garansi (untuk kita perhitungkan kemampuan sebenarnya dirumah), merek powerbank, dan tentunya harga yang masuk akal jika dibandingkan dengan powerbank sejenis.

Selain itu, jenis baterai sebuah powerbank sangat mempengaruhi daya ketahanannya loh!. Simak artikel jenis baterai pada powerbank dan cara charging yang sesuai dengan jenis baterainya.


TIPS MEMILIH POWERBANK YANG BERKUALITAS
Berikut beberapa tips memilih powerbank yang berkualitas, sehingga powerbank yang kita beli bisa tahanlama dan aman bagi smartphone kita.

  1. Pilih powerbank yang compartible dengan smartphone kita.
    Hal ini sangat penting loh, mengingat kesesuaian daya output powerbank yang suka berubah-ubah gak menjamin keamanan untuk smartphone kita.
  2. Pilih powerbank yang memiliki lampu indokator persentase kapasitas realtime
    Hal ini pastinya bisa mempermudah kita untuk mengetahui kapasitas sisa powerbank saat ini, karena males banget kan kalo udah bawa powerbank berat-berat ternyata tegangannya lagi kosong???
  3. Pilih powerbank dengan lubang konektor dibawah atau diatas
    Tujuannya akan hal ini adalah menghindari lipatan kabel yang biasanya terjadi ketika lubang konektor berada dibagian samping powerbank sehingga kabel lebih sering eror akibat lipatan.
  4. Pilih powerbank yang memiliki lubang konektor lebih dari satu
    Tujuannya adalah ketika salah satu lubang konektor rusak, powerbank masih bisa digunain dong. Selain itu, powerbank yang bisa mencharging beberapa gatget atau smartphone lebih dari satu dalam satu waktu tentu punya nilai lebih tersendiri.
  5. Pilih powerbank yang memiliki pengamanan atau safety protection
    Karena tegangan output powerbank yang tidak stabil, maka sangat diperlukan pengamanan untuk menstabilkan tegangan, daya, serta kuat arus sebuah powerbank sehingga smartphone atau gatget yang di charging selalu dalam kondisi aman. Contoh pengamanan yang biasanya ditanamkan pada powerbank diantaranya :

    Short Circuit Protection
    Pengamanan terhadap arus pendek yang mungkin menimbulkan ledakan atau kebakaran ketika digunakan

    Overchange Protection
    Pengamanan terhadap charging berlebih ketika pengisian baterai smartphone penuh, karena fitur ini langsung akan memulut koneksi tegangan ketika baterai yang diisi sudah penuh sehingga tidak merusak call baterai yang di charging dan powerbank itu sendiri

    Temperature Protection
    Fitur ini memberikan perlindungan untuk mengurangi panas berlebih yang biasa timbul ketika proses charging berlangsung
  6. Pilih powerbank berdasarkan type baterai (cell), merek (ternama), bergaransi, dengan harga yang masuk akal.
    hal ini tentunya menjadi point penting untuk menghindari penipuan yang marak terjadi seperti pada kasus sebelumnya ya!
    power bank berkualitas
    sumber : www.mi.com

    Salahsatu produk powerbank yang berkualitas adalah Power bank xiaomi yangmana selain sudah menggunakan baterai tipe Lithium polymer, powerbank ini memiliki body yang stylish sehingga jarang diduplikat oleh pihak yang tidak bertanggungjawab dan pastinya pilih yang bergaransi asli ya, karena bukan tidak mungkin ada merek yang dimirip-miripin dengan xiaomi, misalnya seperti redmi, suomi, xiomi.

    Berikut spesifikasi dan harga powerbank xiaomi yang tersedia dipasaran yang dikutip dari website resminya xiaomi

    Power Bank Xiaomi 5000mAh (harga HET Rp.149000.-)

    Dilengkapi dengan sel baterai Li-ion polymer dari ATL/Lishen yang dibalut dengan casing alumunium super tipis, 9,9mm. Berdasarkan uji laboratorium, Powerbank tertipis dari Xiaomi ini mampu mengisi ulang penuh baterai Redmi Note untuk 1 kali, iPhone 6 hingga 1.8 kali, dan iPhone 5s hingga 2.2 kali.


    Power Bank Xiaomi 10000mAh (harga HET Rp.195000.-)

    Dilengkapi dengan sel baterai Panasonic/LG dengan kapasitas 10000mAh yang hanya seukuran kartu nama. Berdasarkan uji laboratorium, Powerbank ini mampu mengisi ulang penuh baterai Mi Note hingga 2.1x, iPhone6 hingga 3.5x, dan iPad mini untuk 1x.


    Power Bank Xiaomi 16000mAh (Harga HET Rp.325000.-)

    Dilengkapi dengan sel batre Li-ion premium dari LG dan Panasonic, yang memiliki kepadatan energi hingga mencapai 725Wh/L, dan menambah ekstra kapasitas daya sebesar 16000 mAh untuk smartphone, tablet atau kamera digital kamu. Berdasarkan uji laboratorium, Powerbank ini mampu mengisi ulang baterai Redmi Note sampai penuh hingga 3.5 kali.


KENAPA HARUS POWER BANK XIAOMI ????

power bank xiaomi
Sumber : www.mi.com

Nah, buat kalian yang belum tau kenapa harus powerbank merek xiaomi nih, baiknya dibaca baik-banik keunggulan dari powerbank dari xiaomi ini yah. berikut beberapa kelebihan powerbank buatan xiaomi ini :


  • Proses charging yang EFISIEN dan OPTIMALHal ini karena disematkannya chipset mutakhir tidak hanya lebih aman, tapi juga meningkatkan conversion rate dan kestabilan pengecasan gadget yang tersambung dengan pemakaian sensor resistor-kapasitor canggih untuk meningkatkan efisiensi dan daya tahan.
  • TAHAN Terhadap PERUBAHAN SUHU
    Hal ini karena Sistem kontrol temperatur yang peka terhadap perubahan panas menjamin batre Li-ion beroperasi dengan aman.
  • PERLINDUNGAN Terhadap KONSLETING
    Motherboard dan batre otomatis terlindungi apabila terjadi korsleting.
  • Memiliki sistem RESET
    Apabila power bank berhenti bekerja normal, cukup tekan tombol power untuk me-reset power bank.
  • PERLINDUNGAN Dari Voltase input BERLEBIH
    Rangkaian OVP melindungi power bank dari kerusakan akibat perubahan voltase tiba-tiba.
  • PERLINDUNGAN pengisian OTOMATIS
    Otomatis berhenti mengecas apabila charger tidak dimasukkan dengan benar.
  • PERLINDUNGAN Dari Arus Output BERLEBIH
    Arus output dimonitor secara kontinyu dan otomatis dimatikan apabila melewati batas aman untuk melindungi gadget yang dicas.
  • PERLINDUNGAN Dari Voltase Output BERLEBIH
    Voltase output dimonitor secara kontinyu dan otomatis dimatikan apabila melewati batas aman untuk melindungi gadget yang dicas.
  • PERLINDUNGAN Dari OVERCHANGE Dan OVERDISCHANGE
    Menggunakan teknologi Jepang untuk melindungi batre Li-ion dari kerusakan akibat overcharging maupun over-discharging.
  • RANGKAIAN PELINDUNG PTC Sel Baterai
    Batre import dilengkapi dengan PTC untuk mengontrol dan melindungi batre ketika temperatur dan arus melebihi batas aman.
  • PERLINDUNGAN CHIPSET Kelas Dunia ( Sembilan lapisan rangkaian proteksi dari Texas Instruments)
    Mi Powerbank menggunakan USB smart-control dan chipset manajemen daya dari Texas Instruments yang memberikan perlindungan rangkaian chip sembilan lapis sekaligus meningkatkan efisiensi pengecasan.
  • DUAL OUTPUT (max 5.1v / 3.6A)
    Dapat mengecas dua gadget sekaligus dengan output maksimum 5,1V/3,6A, daya output lebih besar dari charger dual-port biasa; performa pengecasan ganda yang belum pernah dialami sebelumnya.
  • SEL BATERAI BERKUALITAS
    Sel-sel batre Li-ion premium dari LG dan Panasonic, dengan kepadatan energi mencapai 725Wh/L.
  • COCOK Untuk Berbagai Macam Gatget
    Mi Power Bank mengatur output daya secara otomatis tergantung gadget yang tersambung. Mengecas smartphone dan tablet dari Mi, Apple, Samsung, HTC, Google dan Blackberry, juga bermacam kamera digital dan gadget game portable dengan mudah.
  • DUAL PORT
    Dua port USB dan sel batre Li-ion premium dilapisi casing aluminium yang keren.
  • Simak juga VIDIO REVIEW POWERBANK XIAOMI nih!
Nah, kalo gitu sekian dulu deh artikel yang membahas perbedaan powerbank abal (palsu) dengan powerbank berkualitas.

2 komentar

bang mau nanya saya sudah mendaftar sebagai affiliate lazada tapi setelah saya memasang iklan lazada di blog saya, iklan lazadanya tidak tampil,, ada solusinya bang??

udah diapprovment sebelumnya?
kalo udah dapet email notifikasi approvment, seharusnya waktu pasang banner, iklan langsung nongol. kecuali kalo pasang banner untuk witget produk tertentu, agak lama nampilnya. dan janganlupa ads blocknya dimatiin dulu

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon