Monday, May 16, 2016

Mengenal Jaringan Teknologi 4G LTE masa kini

Brobro..
di Negara Indonesia yang kini mulai terasa kemajuan teknologi diberbagai bidang, tentunya bukan tanpa alasan. Banyak beberapa operator telekomunikasi yang udah mulai menerapkan teknologi 4G (forth generation). Semakin berkembangnya kecepatan akses data diIndonesia ini tentunya menumbuhkan pula berbagai usaha ikutan dan UKM yang akan semakin maju dan kreatif. 

kali ini akan dibahas mengenai teknologi 4G veserta keuntungan penerapannya. Sebelumnya kalian harus tau dulu teknologi yang ada sebelum dilahirkannya 4G seperti :



  • Teknologi 1G
    Teknologi ini berbasis pada handone analog dengan kecepatan rendah contohnya NMT(Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System)
  • Teknologi 2G
    Teknologi ini mulai dikenall sebagai standar format digital, namun kecepatannya masih terbilang rendah sampai menengah. Contohnya adalah GSM & CDMA2000. Teknologi ini mulai masuk ke indonesia sekitar tahun 2005-an dan ada era ini lah mulai terbagi type handphone menjadi 2 tipe yakni GSM dan CDMA berdasarkan kemampuan penangkap jaringannya
  • teknologi 2.5G
    Teknologi ini merupakan teknologi dimasa pertengahan digital yangmana transmisi data yang dikatakan sudah cukup cepat yang sering dikenal GPRS (General Packet Radio Services) dan EDGE (Enchange Data rare for GSM Evolution). Teknologi ini masih dibilang banyak dipakai diberbagai daerah indonesia khususnya diperdesaan sebuah provinsi.
  • Teknologi 3G
    Teknologi ini adalah teknologi standar digital namun dengan kecepatan mentransmisikan data, suara, dengan kecepatan tinggi danjuga aplikasi media sudah menggunakan pita lebar (boardband) contohnya adalah W-CDMA atau UMTS dan EVDO1x.
  • Teknologi 3.5G
    Teknologi ini adalah awalmula teknologi teratas setelah 3G yangmana memberikan jalur evolusi untuk jaringan komunikasi, sehingga dapat memberikan kecepatan enkripsi data sampai 14.4 MegaBite/detik. atau sering dikenal HSDPA (High-Speed Downlink Packet Acess) yang dikembangkan oleh WCDMA dan EV-DO mengembangkan CDMA 2000
Nah, dari perkembangan pada masa diatas, hadirlah teknologi 4G yangmana masih tetap terbagi menjadi 2 kelompok dalam pembagian berdasarkan penerima jaringan.
Jenis teknologi 4G yang dikembangkan oleh 2 kandidat ternama yakni :

  1. WiMAX yang berbasis diKorea Selatan
  2. LTE (Long Term Evolution ) Swedia
Sistem 4G menyediakan solusi IP yang komprehensif di mana suara, data, dan arus multimedia dapat sampai kepada pengguna kapan saja dan di mana saja, pada rata-rata data lebih tinggi dari generasi sebelumnya. Bagaimanapun, terdapat beberapa pendapat yang ditujukan untuk 4G, yakni: 4G akan merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau. Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Initiation Protocol (SIP). Semua jenis radio transmisi seperti GSMTDMA,EDGECDMA 2G, 2.5G akan dapat digunakan, dan dapat berintegrasi dengan mudah dengan radio yang di operasikan tanpa lisensi seperti IEEE 802.11 di frekuensi 2.4 GHz & 5-5.8Ghz, bluetooth dan selularIntegrasi voice dan data dalam channel yang sama. Integrasi voice dan data aplikasi SIP-enabled.


Dengan kesimpulan, teknologi 4G hanya bisa digunakan untuk handpone, sim card, dan jaringan yang sudah mendukung teknologi ini. Keuntungan lainnya yakni, handphone yang sudah mendukung teknologi 4G bisa juga menggunakan berbagai operator selular (termasuk CDMA) dalam penggunaan data berbasis internet. Misalnya saja simcard smartfren yang kini bisa digunakan pada handphone berbasis GSM dengan adanya teknologi 4G ini. Hal tentunya menghasilkan keuntungan tersendiri bagi konsumen yang memiliki handphone 4G yangmana biasanya "harga" paket data yang dijual oleh jaringan berbasis CDMA yang lebih murah dan kuotanya lebih besar.

Sempat beredar kabar, bahwa penemu teknologi 4G adalah salah satu karya anak bangsa Indonesia, namun halk tsb justru ditolak oleh yang bersangkutan. Menurutnya, sebuah teknologi diciptakan berdasarkan sebuh forum, bukan seseorang.
Beberapa contoh Operator seluler dan Operator pemain baru ditanah air yang sudah mulai menerapkan teknologi 4G diantaranya :


  • Sitra WiMAX
    Merupakan salahsatu operator 4G pertama berbasis WiMAX yang meluncurkan layanan 4G Wireless Broadband pada tahun 2010. perusahaan ini merupakan bagian dari Lippo Group dengan merek dagang Firstmedia Tbk. WiMAX adalah penyedia 4G pertama diindonesia yang mencakup banyak daerah, seperti jakarta, Bogor, Depok, Jakarta, Bekasi, Banten, Sumut dan Aceh.

  • TELKOMSELJaringan telkomsel 4G LTE diopeasikan pada 1800MHz sebagai bagian dari program simcard "simpati LTE". Pelanggan lama cukup datang ke Grapari untuk menukar simcard lama dengan simcard yang sudah mendukung 4G. Telkomsel mulai menerapkan LTE alias 4G diindonesia pada 2013 silam.
  • BOLT super 4G LTE
    yakni salahsatu merekdagang dari PT.Interlux yang menyedikana layanan LTE sejak 2014 silam, target utamanya adalah penjualan berbagai macam modem dan wireless sebagai penggunaan data dirumah-rumah. Teknologi yang diterapkan adalah TTD-LTE (Time Division Duplex Long Term Evolution) pada frekuensi 2300MHz.

  • XL Hotrod
    Kecepatan 4G XL diklaim mampu mencapai 100Mbps dengan menggunakan simcard khusus 4G. penerapan 4G oleh XL rencananya akan mulai diterapkan pada Jabodetabek ditahun 2014 silam.
  • INDOSAT
    kecepatan 4G indosat diklaim dapat mencapai 185Mbps dengan menggunakan simcard 4G ini. Setelah diujicoba pada 2014 silam, rencannaya indosat akan mengembangkan 23 kota lainnya seIndonesia.
  • SMARTFREN
    Operator gabungan antara SMART dan FREN yang bergerak dibidang CDMA ini kabarnya semakin gencar menerapkan 4G diberbagai kota se-indonesia. Jumlah BTS yang tahun ini ditargetkan mencapai 10000 BTS diklaim mampu dimelebarkan sayap 4G diberbagai daerah indonesia. dan tentunya smartfren menggandeng Nokia dan ZTE dalam menggarap pembangunan BTS 4G ini.

Baca juga :  Mengenal dan cara return micro sd card

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon