Friday, May 13, 2016

Review Buku Buka - Bukaan Dunia Tambang

Brobro..
Artikel ini ada sangkut pautnya dengan dunia pertambangan nih.
Kalian udah pada taukan perusahaan pertambangan yang ada diIndonesia ini??
2 Hal yang selalu berhubungan dengan kalimat "pertambangan" pada masyarakat awam adalah :

  1. Atek-Antek Perusahaan Asing yang mengeruk sebanyak-banyaknya kekayaan Indonesia untuk memperkaya mereka dan negara mereka sendiri.
  2. Kerusakan lingkungan.
Dan beberapa waktu terakhir, salah satu perusahaan tambang ternama yang ada diIndonesia (PT Newmont Nusa Tenggara) ini meluncurkan buku yang bertajub "Buka - Bukaan Dunia Tambang" yangmana buku tersebut digadang-gadang diambil langsung dari tulisan peserta (umumnya blogger) yang telah ikutserta dalam salah satu kegiatan sosial atau CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan tambang terkemuka itu (PT Newmont Nusa Tenggara) yang diterbitkan oleh Pastel Books.

Ketika Pertama melihat buku itu pastinya dong, yang terbenak dalam hati calon pembaca adalah "Palingan isinya hal yang bagus-bagus buat ngelindungin nama PT Newmont dimata masyarakat"
Yup....!
Pandangan tersebut dibilang salah juga nggak, dibilang bener juga nggak ya...hihihi

Meski buku itu adalah kumpulan kisah para peserta yang pernah turut serta mengikuti program "Suistainable Mining Bootcamp" yang diadakan oleh CSR PT NNT, tidak dipungkiri hal tersebut bakalan ngebahas semua tentang pertambangan dengan contoh objek PT NNT

Nah kali ini, mimin bakalan sedikit ngelakuin Resensi buku Buka - Bukaan Dunia Tambang, atau bisa dibilang review buku tersebut lah! dan berikut detail & resensi mengenai buku tersebut.
Judul        : Buka - Bukaan Dunia Tambang
Penulis     : 16 Peserta yang telah mengikuti Bootcamp Suistainable Mining Bootcamp Newmont.
Penerbit   : Pastel Books

Tanggal Terbit : Februari 2016

Tebal halaman : 190 halaman
Jenis Buku : Kumpulan Kisah Inspiratif




  1. PANDANGAN PERTAMA.
    Seperti hal yang udah dijelasin mimin ketika melihat cover buku saat pandangan pertama, rasanya seperti ada yang "janggal" yang mana kalimat "Suistainable Mining Bootcamp" seperti menunjukan ke hanya satu objek yakni PT Newmont baik Newmont Nusa Tenggara maupun Newmont Minahasa Raya. yang artinya mirip seperti sebuah "Pencitraan" dimata masyarakat, lain halnya juka hanya tertulis Buka -Bukaan Dunia Tambang saja. Tentunya hal ini lebih menjurus pada objek dunia pertambangan dan isi nya nanti baru membahas PT Newmont dijadikan sebagai contohnya atau objek kedua.
  2. PANDANGAN KEDUA.
    Setelah membaca dengan seksama, Terlihat benar-benar menjelaskan apa yang telah dilakukan PT Newmont bagi Indonesia dan masyarakat lingkar tambang selama pengoprasian proyek berlangsung. Hal yang baik lebih dominan diutarakan para penulis, meskipun ada beberapa hal kejelakan perusahaan yang dimasukan dalam buku yang diantaranya adalah "Ketakutan para pemegang saham akan dampak yang akan ditimbulkan bila para penulis menuliskan hal yang tidak baik bagi perusahaan dimata masyarakat", dan hal ini tentunya cukup menggelikan bagi mimin, bagaimana bisa seekor Ikan Tuna takut dikalahkan dengan Ikan Teri asin asli medan yang kecil-kecil ini.hihihi *that imposibble guys!

    Secara keseluruhan, tata bahasa para blogger yang khas ini menunjukan pemahaman yang lebih terlihat bagi masyarakat awam, dan ini sangat baik tentunya.
KELEBIHAN BUKU "BUKA BUKAAN DUNIA TAMBANG".
Beberapa point banyak menjadikan buku ini memiliki nilai plus cukup tinggi misalnya seperti :
  • Tata bahasa yang umum ada dimasyarakat indonesia, ini memudahkan pembaca menelaah maksud dan tujuan setiap ungkapan penulis.Karna memang buku ini merupakan kumpulan tulisan para peserta yang umumnya blogger.
  • Kisah yang berbeda pada setiap artikel yang ditulis oleh penulis, ini menunjukaan pemberi informasi yang luas kepada pembaca akan banyak hal yang telah dilakukan oleh PT Newmont yang diceritakan oleh para mantan peserta Newmont bootcamp.
  • Fitur gambar visual yang cukup banyak semakin mempermudah pembaca "membayangkan" kondisi yang terjadi disana untuk saat ini.
  • Cukup banyak membahas kegiatan pekerja saat ini, misalnya saja "mereka seperti para zombi yang kegiatannya itu-itu saja", "pekerja wanita yang mengendarai haul truck" tentunya memberikan bayangan tersendiri bagi pembaca betapa adil sebuah perusahaan pertambangan dalam mempekerjakan gendre karyawannya.
  • Tersedia beberapa artikel dalam bahasa Inggris, tentunya hal ini menambah nilai tersendiri bagi para pembaca yang berjiwa ke-baratbaratan.
KEKURANGAN BUKU "BUKA BUKAAN DUNIA TAMBANG".
Beberapa point dapat mengurangi maksud dan tujuan bagi pembaca yang dalam buku ini, dan tentunya hal tersebut sangat dihindarkan bagi penerbit ketika maksud dan tujuan dari buku ini tidak ditanggapi dengan maksud sebenarnya, yang diantaranya sbb :

  • Banyak dihadirkan grafik berupa seperti laporan akan kontribusi PT Newmont bagi masyarakat Indonesia dan Masyarakat Lingkar Tambang Sekitar, namun tidak diikut sertakan asal muasal atau daftar pustaka darimana data itu diperoleh, karena asumsi pembaca berbeda-beda bisa jadi mereka berasumsi ini hanyalah karangan PT Newmont yang menggunakan mereka para mantan peserta Newmont bootcamp untuk memperbaiki "citranya" pasca tragedi minahasa ditahun 2014 lalu.
  • Harga Jual yang cukup mahal. (harga berkisar rp.41.000 - rp79.000)

    bukalapak.com

    gramedia.com
    Yap! bener banget, ketika kita berfikir untuk apa buku ini dibuat adalah tentunya untuk memberitahu akan perusahaan tambang itu, dan ga semuanya buruk dan jahat kok. dan tentunya, pangsa pasar yang akan ditargetkan adalah para masyarakat umum dan artinya adalan mereka bakalan males beli buku ini kalo harganya mahal, (kalo males beli artinya pembacanya sedikit dan misi utama terabaikan). Apalagi kalo targetnya pelajar yang rata-rata uang jajannya cuma rp.5000, itu artinya mereka harus menahan jajan selama minimal 8 hari penuh untuk sekedar membeli buku ini, belum ditambah ongkos kirim jikalau mereka membeli buku ini secara online.
  • Artikel lebih banyak membahas akan PT Newmont Nusa Tenggara, dan hanya beberapa artikel mengenai PT Newmont Minahasa Raya padahal, seharusnya yang perlu didominankan adalah kisah PT Newmont Minahasa Raya yangmana pasca tuntutan yang diberikan kepadanya ditahun 2014 lalu membuat masyarakat indonesia masih mengingat masa itu. dan yang perlu diingat adalah "hal buruk sebuah perusahaan akan lebih dominan untuk mudah diingat oleh masyarakat jikalau dibandingkan hal baik yang telah diberikan".

    hal ini mimin buktikan dengan search di mbah google dengan kata kunci "Newmont Minahasa Raya" dah hasilnya adalah.......



    Pada page 1 masih ditempati oleh kisah tuntutan dan tudingan kelam masa lalu Newmont Minahasa Raya sebuah blog!.
    bayangkan! mbah google aja masih memilih artikel itu untuk halaman pertama. Begimana dengan pandangan masyarakat yang lebih luas akan hal kelam ini??

KESIMPULAN.
Secara garis besar, buku ini cukup baik untuk dinikmati bagi masyarakat "berpenghasilan" yangmana banyak informasi yang diberikan akan dampak baik bagi sebuah perusahaan tambang.

SARAN.
Meskipun PT Newmont tidak memberikan bantuan akan peluncuran buku ini, ada baiknya memberikan subsidi untuk penjualannya, karena jika memang tujuannya adalah masyarakat luas yang tinggal diindonesia, mereka akan jauh lebih tertarik jika buku yang akan dibeli ini memiliki harga yang "bersahabat" dengan kantong mereka yang tipis.

tentunya buku ini memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka (para pembaca) yang tertarik akan hal pertambangan, baik dari sisi baik maupun sisi buruknya. dan ketika mereka membaca buku ini, diharapkan terjadi perubahan prosepektif akan dunia pertambangan diIndonesia.

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon