Rabu, 06 April 2016

Daftar Nama dan Lokasi Proyek Perusahaan Tambang Asing seluruh indonesia

Brobro..
Kali ini artikel yang kita bahas yakni mengenai daftar perusahaan tambang di indonesia. Apapun itu tambangnya, tambang emas, tambang tembaga, tambang batubara, tambang kapur, tambang galena, tambang permata, dsb
Pertambangan Indonesia sejatinya sudah dimulai sejak berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, dengan presiden pertaman indonesia Ir.Soekarno.
yangmana PT Freeport Indonesia anakperusahaan Freeport Mcmoran adalah perusahaan pertama yang menginjakkan ekploitasinya di Negara indonesia ini yang sampai saat ini masih berlangsung. Bayangkan bro berapa banyak cadangan yang dimiliki disana coba??

Bahan tambang merupakan salahsatu jenis bahan galian yang masuk dibawah perhukuman NKRI dibawah langsung ESDM (kementrian Energi dan Sumberdaya)



Penggolongan bahan galian di NKRI


Di Indonesia, penggolongan bahan galian dapat dilihat dalam Undang-Undang No 11 tahun 1967 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pertambangan.
Dalam UU ini, bahan galian dibagi atas tiga golongan yakni:


  1. golongan bahan galian strategis (Golongan A)
    yang termasuk bahan galian golongan A adalah sbb:
    minyak  bumi, bitumen cair, lilin bumi, gas alam, bitumen padat, aspal, antrasit, batubara, batubara muda, uranium, radium, thorium dan bahan-bahan galian radioaktif lainnya, nikel, kobalt, timah
  2. golongan bahan galian vital (Golongan B)
    yang termasuk bahan galian golongan B adalah sbb:
    besi, mangan, molibden, khrom, wolfram, vanadium, titan, bauksit, tembaga, timbal, seng, emas, platina, perak, air raksa, intan;, arsin, antimon, bismut;, yttrium, rhutenium, cerium dan logam-logam langka lainnya, berillium, korundum, zirkon, kristal kwarsa, kriolit, fluorpar, barit, yodium, brom, khlor, belerang.
  3. golongan bahan galian yang tidak termasuk dalam  A danatau B (Golongan C)
    yang tidak termasuk bahan galian golongan C adalah sbb:
    asbes, talk, mika, grafit, magnesit, yarosit, leusit, tawas (alum), oker, batu permata, batu setengah permata, pasir kwarsa, kaolin, feldspar, gips, bentonit, batu apung, tras, obsidian, perlit, tanah diatome, tanah serap (fullers earth), marmer, batu tulis, batu kapur, dolomit, kalsit, granit, andesit, basal, trakhit, tanah liat, dan pasir sepanjang tidak mengandung unsur-unsur  mineral golongan a amupun golongan b dalam jumlah yang berarti ditinjau dari segi ekonomi pertambangan.

Penggolongan bahan-bahan galian diatas didasari pada beberapa aspek:


  • Nilai strategis/ekonomis bahan galian terhadap Negara;
  • Terdapatnya sesuatu bahan galian dalam alam (genese);
  • Penggunaan bahan galian bagi industri;
  • Pengaruhnya  terhadap kehidupan rakyat banyak;
  • Pemberian kesempatan pengembangan pengusaha;
  • Penyebaran pembangunan di Daerah
Bahan galian A dan B juga dibedakan menurut pemanfaatannya atas tiga golongan yakni:
  1. Bahan galian Logam / Bijih (Ore);
    merupakan bahan galian yang bila dioleh dengan teknologi tertentu akan dapat diambil dan dimanfaatkan logamnya, seperti timah, besi, tembaga, nikel, emas, perak, seng, dll

  2. Bahan galian Energi; 
    merupakan bahan galian yang dimanfaatkan untuk energi, misalnya batubara dan minyak bumi.
  3. Bahan galian Industri;
    merupakan bahan galian yang dimanfaatkan untuk industri, seperti asbes, aspal, bentonit, batugamping, dolomit, diatomae, gipsum, halit, talk, kaolin, zeolit, tras.
namun, pada tahun 2014, ESDM membuat peraturan baru yang intinya adalah melarang pemanfaatan eksport bahan tambang atau galian. Jadi artinya, bahan galian harus diolah di Indonesia dulu menjadi produk jadi atau produk setengah jadi, baru nanti produknya boleh diekspor keluar bro.

Tujuannya baik, yakni lebih meningkatkan pemasukan negara dan penyerapan tenaga kerja indonesia, sehingga negara mendapatkan keuntungan lebih banyak ketimbang kerugian dari sektor pertambangan ini.


untuk bunyi peraturan undang undang ESDM no.01 tahun 2014 ini disa dilihat pada gambar dibawah


nah, beberapa daftar PT atau perusahaan pertambangan yang bergerak pada bidang pertambangan emas, tembaga, besi, nikel, mangan, batubara, timah yang ada di indonesia bisa kalian cek langsung pada gambar dibawah bro.



Beberapa perusahaan tambang yang terkenal diindonesia adalah sbb:
  1. PT Aneka Tambang (ANTAM)
    Perusahaan BUMN ini lokasinya banyak banget bro.. ada di Cibaliung, Pongkor, Pomala, Kalsel dan masih banyak lagi. ANTAM dikenal juga sebagai Inversor dibidang pertambangan pada perusahan patungan projek lainnya
  2. PT Newmont Nusa Tenggara (NNT)
    Perusahaan ini merupakan anak perusahaan Newmont yang udah terkenal dimana-mana. Projek tambang mereka berada di Batu hijau, Sumbawa dan isunya bakalan buka lagi projek terbarunya di Elang (lama project) yang masih berada di kepulauan sumbawa
  3. PT Freeport Indonesia
    perisahaan ini merupakan anak perusahaan Freeport McMorran yang juga udah terkenal tentang kesuksesannya. Tambang grasberg diklain merupakan salahsatu tambang terbesar didunia dengan cadangan terbesar didunia juga lho..kita patut bangga atau kaga nih??hehe secara, udah padatau kan perusahaan ini selalu digosipin miring sejak keberadaannya yang masih jauh menumbuhkan ekonomi ditanah papua bro
  4. PT Kasongan Bumi Kencana (KBK)
    perusahaan ini merupakan perusahaan tambang emas yang ada dikalimantan.
    perusahaan ini berada dibawah naungan langsung PT Gajah Tunggal.Tbk
  5. PT Batutua Tembaga Raya
    perusahaan ini merupakan anak dari perusahaan Finderresources yang berada di Australia sana, bidang pertambangannya merupakan tambang tembaga, yangmana menghasilkan produk berupa tembaga murni 99.9% berupa lempengan
    Karena teknologi proses yang digunakan merupakan Heapleach -Electrowining (SX-EW) yangmana memungkinkan keselamatanlingkungan dan menggunakan energi yang dibilang kecil.
  6. PT J Resources
    perusahaan ini merupakan perusahaan indonesia yang projeknya termasuk dalam kategori cukup banyak bro, bahkan perusahaan ini udah berekspansi sampai ke malaysia dengan nama project "Pejom gold" kalo diindonesia wilayah projectnya kebanyakan di Sulawesi dan kalimantan (Bakan, Seruyung, dsb)
  7. PT TokaTidung
    perusahaan joinventur atau kerjasama dari perusahaan lokal dan asing ini lokasi projectnya berada di Sulawesi atau Manado. Perusahaan ini merupakan perusahaan tambang emas yang sudah cukuplama mengeksploitasi bumi sulawesi
  8. PT Nusa Halmahera
    perusahaan ini merupakan anak perusahaan Newcrest yang udah ga asing diluar sana. perusahaan tambang emas ini merupakan usaha patungan dengan antam lhoo, dan kadar emas yang dihasilkan juga cukup banyak dalam jangkawaktu relatif lama bro
  9. PT Sumatera Gold Copper
    Perusahaan ini merupakan perusahaan pertambangan emas yang baru mulai mengekploitasi bumi sumatra dikisaran tahun 2015 bro.
  10. PT Natarang Mining
    perusahaan tambang emas ini berada dilokasi lampung tepatnya dan merupakan perusahaan patungan dari Kingrose Ltd
  11. PT Merdeka coppergold / BSI
    perusahan indonesia ini rencananya akan mengekploitasi bumi Banyuwangi diakhir 2016 atau awal 2017 dengan project tujuh bukit / tumpang pitu. perusahan tambang emas ini rencananya menggunakan teknologi heapleach sianida yang dikenal lebih "hijau" dibandingkan teknik lainnya, sama seperti teknik proses pengolahan yang digunakan J Resources. dan info miringnya, perusahaan ini didukung oleh pemerintah setempat melalui penanaman modal APBD lho..
    untuk beritanya baca disini


2 komentar

bang utop, bagi no wasap dong.. mau ngbrol2 soal pertambangan galian C dan konstruksi nih..

raha sia ah..
ntar diteror lagi dah ah!..hehehe

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon