Kamis, 21 April 2016

Cara mengusir, membasmi, arti mimpi dan cara mengobati gigitan kelabang atau kaki seribu

Brobro..
Artikel yang bakala dibahas kali ini adalah tentang seputaran mahluk kelabang atau linpa atau kakiseribu, yang keberadaannya sangat ditakuti oleh kebanyakan orang.
menurut wikipedia, kelabang adalah sejenis mahluk hidup yang memiliki kaki disetiap ruas tubuhnya yang juga termasuk mahluk memiliki bisa sebagai tindakan mempertahankan dirinya dari serangan-serangan mahluk hidup lain, termasuk manusia.

Kelabang atau linpa keberadaannya bisa terdapat pada rumah yang rajin dilakukan perawatan ataupun rumah yang jarang dilakukan perawatan. Berbeda halnya dengan kecoa dan tikus got, yangmana keberadaannya berhubungan pada rumah atau daerah yang jarang dilakukan perawatan. Kelabang umumnya berada pada daerah yang memiliki tingkat kelembapan tinggi. Misalnya pada pekarangan belakang rumah yang bernuansa tanah rerumputan. Lembabnya udara pada pagi dan malam hari, danjuga sianghari yang melembabkan membuat pertumbuhan hewan jenis ini cepat untuk berkembang biak.
makanan Utama kelabang adalah bahan organik berupa kecoa, makanan sisa, bangkai hewan kecil dan lainnya. Sehingga cara mengatasi kelabang secara permanen adalah dengancara menjaga kebersihan rumah secara menyeluruh, yang tujuannya adalah memutuskan rantai makanan kelabang, sehingga keberadaannya semakin lama semakin sedikit.

CARA MENGUSIR DAN MEMBASMI KELABANG SECARA PERMANEN

  1. Seperti yang dijelaskan hal diatas, cara membasmi kelabang dan mengusir kelabang secara permanan dapat dilakukan dengan cara memutus rantai makanan kelabang.
  2. Membunuh langsung kelabang secara keseluruhan dengan cara manual (memotong kelabang menjadi beberapa potongan) ataupun menyemprotkan racun serangga pada kelabang yang sedang bermain dan bercengkrama diseputaran rumah.
  3. Menjerat kelabang menggunakan lem tikus yang diberi umpan. Cara ini cukup ampuh untuk mengumpulkan kelabang pada daerah lembab yang keberadaannya sulit untuk ditemukan sehingga lebih efektif
  4. Menebarkan asam borat dan pasir diatomit. tujuannya adalah membekukan daerah penjelajahan kelabang, sehingga proses pembunuhan lebih mudah dilakukan. dan juga tujuan pemberian asamborat dan pasir diatomit adalah mengurangi tingkat kelembapan pada suatu area sehingga diharapkan kelabang keluar dari rumah kita.
  5. Penyemprotan inseksita yang mengandung bahan aktif "sihalotrin". Bahan ini biasanya ampuh digunakan untuk mengusir semut, namun hal ini juga berlaku untuk membunuh dan mengusir kelabang lho, sehingga kelabang tidak mau masuk ke rumah lagi.
  6. Menjaga rumah selalu dalam kondisi kering. Tujuannya adalah mengurangi jumlah kemauan kelabang untuk hidup dirumah, hal ini bisa dilakukan dengan memberi kentung silika gel (penyerap air) pada area yang cenderung atau memiliki tingkat kelembapan tinggi.
  7. Tutup seluruh jalan masuk kelabang. Kelabang biasanya masuk melalui celah keramik yang terbuka dan tembok yang bolong, sehingga penutupan celah-celah ini mampu efektif mengurangi keberadaan kelabang
  8. Menebarkan irisan cabai diarea yang sering disinggahi kelabang. Cabai dikenal memiliki aroma "khas" yang sudah dikenal mampu mengusir kelabang pada rumah.

RACUN & BISA pada kelabang
Kelabang tertentu yang termasuk dalam kelas chilopoda memang sangat berbahaya untuk manusia. Jenis kelabang ini bisa menyebarkan sebuah racun yang disebut dengan “venom”. Racun ini diproduksi pada bagian dasar taring kelabang. Bagian segmen tubuh kelabang yang pertama banyak mengandung venom. Ketika kelabang menggigit kulit manusia maka kelenjar racun dari kelabang akan menyemburkan racun melalui sebuah saluran bagian depan taring kelabang yang berbentuk seperti jarum. Racun kelabang biasanya memang tidak menyebabkan bahaya apapun untuk manusia, tapi yang paling ditakuti adalah ketika kelabang menggigit dan menyebabkan rasa sakit yang sangat parah.
Jenis kelabang lain yang menyebabkan racun adalah kelabang yang termasuk dalam kelas maxillipeds. Ciri khas dari kelabang ini memiliki bentuk kaki depan yang lebih melengkung di sekitar kepala dan ada rahang di bagian belakang. Cara kelabang menyemburkan racun pada dasarnya sama seperti jenis kelabang lainnya yakni dilakukan dengan cara menggigit mangsa yang menjadi ancamannya. Gigitan kelabangi sering tidak menyebabkan rasa sakit yang terlalu parah sehingga hampir mirip seperti gigitan tawon.
Bahaya GIGITAN kelabang

Meskipun racun tidak menyebabkan masalah pada orang yang digigit , namun gigitan kelabang bisa menyebabkan trauma yang parah. Bahaya gigitan kelabang kecil belum bisa menembus kulit manusia karena taring yang masih sangat lemah. Namun taring yang besar pada kelabang besar bisa menyebabkan gigitan yang sangat sakit. Bahaya dari gigitan kelabang adalah rasa sakit nyeri yang parah dan sulit untuk diatasi. Nyeri karena gigitan kelabang bisa terjadi selama beberapa hari dan biasanya membuat orang yang digigit menjadi frustasi. Namun gigitan kelabang sama sekali tidak menyebabkan kematian mendadak meskipun bisa menderita beberapa jenis gejala keracunan.

Rasa sakit yang parah biasanya terjadi untuk orang yang baru saja digigit kelabang. Selain itu, pada bagian bekas gigitan kelabang sering menjadi bengkak dan berwarna gelap. Gejala ringan atau rasa sakit yang ringan biasanya akan sembuh selama dua hari, namun jika kelabang yang menggigit terlalu besar maka rasa sakit bisa menjadi lebih lama. Beberapa gejala lain dari gigitan kelabang adalah:
  • Sakit kepala
  • Gangguan pernafasan (sesak)
  • Gatal - gatal pada area infeksi bekas sengatan kelabang
  • Nyeri berkepanjangan pada daerah yang digigit kelabang
  • Denyut jantung yang lebih cepat
  • Mual dan muntah
  • Tubuh lemas, lunglai, lelah
Jika berbagai kondisi dan gejala ini terjadi maka diperlukan perawatan secara medis untuk mencegah reaksi yang lebih parah.


CARA MENGOBATI GIGITAN KELABANG
  1. Bersihkan daerah bekas gigitan kelabang dengan sabun yang mengandung antiseptik.
  2. Kompres dengan air panas atau air dingin pada bagian gigitan kelabang untuk mengurangi rasa sakit pada bekas gigitan kelabang.
  3. Gunakan obat anti nyeri apabila bekas gigitan kelabang menimbulkan nyeri yang sangat parah.
  4. Berikan obat -  obatan penghangat (balsem) & obat anti gatal jika menimbulkan getal-gatal pada area bekas gigitan
  5. Gunakan krim atau salep yang mengandung hidrokortison apabila bekas gigitan kelabang menyebabkan penyakit kulit gatal dan ruam.
  6. Jika ada infeksi dari bekas gigitan kelabang maka bisa menggunakan beberapa jenis antibiotikyang didapatkan dari dokter.
  7. Ruam atau jaringan kulit yang rusak pada biasanya bisa sembuh sendiri namun menjaga kebersihan daerah sekitar gigitan kelabang sangat diperlukan.
  8. Bahaya gigitan kelabang juga bisa menyebabkan tetanus sehingga jika Anda belum pernah mendapatkan vaksin untuk mengatasi tetanus maka harus segera berkonsultasi ke dokter.

ARTI MIMPI KELABANG (bertemu kelabangm digigit kelabang, disengat kelabang)

Beberapa arti mimpi yang berhubungan dengan kelabang bisa dilihat pada artikel dibawah. Namun hal yang harus diingat, mimpi dalam islam tidak diperkenankan untuk dipercaya, karena mimpi hanyalah bayangan yang dihasilkan pikiran ketika beristirahat. maksudnya, ketika anda berfikir mengenai kelabang sebelum tidur, besar kemungkinan dalam mimpi tidur anda akan bertembu kelabang. Artikel arti mimpi ini hanya bersifat lucu-lucuan yang diambil dari berbagai situs arti mimpi.


Mimpi
Arti Mimpi
Pertanda
Mimpi melihat seekor kelabang
Akan merasa khawatir & mendapatkan bantuan tak terduga
buruk
Mimpi disengat kelabang
Pertanda panjang umur
baik
Mimpi digigit kelabang besar
Tergoda oleh permpuan.
buruk
Mimpi disengat kelabang
Pertanda akan berumur panjang.
baik
Mimpi digigit kelabang yang berukuran besar
Jika laki-laki, akan tergoda oleh perempuan.
buruk
Mimpi kelabang keluat dari anggota tubuh
Petanda akan ada kejahatan menghampiri anda
buruk
Mimpi kelabang merayap kekaki atau anggota tubuh lainnya
Ada seseorang yang anda kenal diam-diam mencintai anda. (lawan jenis)
baik






Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon