Rabu, 02 Desember 2015

Cara membuat sumurbor jet pump & sumur gali

Brobro..
Musim penghujan yang tak kunjung tiba,
tentunya membuat setiap rumah khususnya didaerah daratan rendah memiliki cadangan air tanah yang semakin sedikit.
semakin sedikitnya cadangan air dari pegunungan akibat el nino ini tentunya semakin memperkecil umpan air yang akan diolah oleh perusahaan penyedia air bersih seperti PDAM dan tentunya yang rumahnya jauh dari aliran PDAM ga bakalan kebagian aer deh..


Nah, daripada bingung mendingan bikin sumur gali dan tambahan sumur resapan biar air pada sumur gali tidak cepat kering broh,
lah ko bisa? ya bisa misalnya air buangan limbah industri kita ga langsung dibuang ke selokan melainkan ditampung pada sumur peresap yang mana air akan meresap sendi kedalam permukaan tanah. pada tau kan air? yaaa betull!!! sifat air adalah mengisi seluruh permukaan dengan posisi mendatas dengankata lain air yang meresap pada sumur resapan akan mengisi air sumur kita nantinya..
iiihh joyook!!, ya kaga lah asalkan kita membuat jarak antara sumur resapan hasil buangan limbah rumahtangga dengan sumur untuk air konsumsi minimal dengan jarak 10meter. (bingung ngebayanginnya begimanakalo untuk rumah tipe 21? cekkk dibawah sobbb!!!)




air yang meresapdalam sumur resapan pastinya akan terfilter oleh struktur tanah yang berbeda dan dengan jarak 10 meter hampir dipastikan sulit untuk mikroba melewati jalur tersebut untuk berpindah tempat.

Nah sekarang kite kasih tau begimana caranya menentukan lokasi sumur yang tepat, maksudnya lokasi galian sumur yang berpotensi menghasilkan air banyak.

1. Teknik menentukan titik sumber mata air sumur bor dengan menggunakan garam..kok bisa..??
begini maksudnya : garam tidak harus garam beryodium lho ini karena bukan buat dimakan, tapi garamnya nanti suma diletakin di tanah yang di indikasi memiliki sumber mata air.
Caranya : kira kira jam 7 atau jam 8 malam letakanlah 1-2 genggam garam dan tutup rapat dengan kaleng bekas susu yang sebagian sisinya terbuka dan bagian sisinya tertutup.
pada tempat yang akan digali atau di bor. kemudian pada pagi harinya silahkan lihat garam tsb, jika habis atau tinggal sedikit berarti pada titik tsb ada sumber airnya. 
jika perlu taruhlah garam dan kaleng tersebut pada beberapa titik sekaligus dan lihatlah pada titik mana yang garamnya paling sedikit.

2. Tehnik daun pisang menentukan titik sumber mata air bor.
Jangan mikir jauh jauh soal daun pisang ini karena bukan tehnik mbah dukun tapi analisa kelembaban.
Ambillah beberapa lembar daun pisang dan taruhlah pada beberapa titik yang akan di bor atau digali pada sekita jam9 atau jam 10 malam. 

Pagi harinya silahkan lihat embun yang menempel pada daun pisang tersebut (pada bagian bawah daun tadi). Semakin banyak embun yang menempel semakin banyak debit air bawah tanah tersebut. 
Namun jika daunnya tetap kering berarti tidak ada sumber air di bawah daun tersebut jadi harus dicari lokasi lain sampai tepat.




gimana udah nyambung belum? ato masih bingung juga cara menentukan posisi mata air untuk pembuatan sumur? silahkan cekidot vidio berikut gaaaaaaaaaan...!!!!!

Selanjutnya ditentukan jenis sumur yangakan dibuat, sumur bor kah?? atau sumur gali kahh??
beberapa pertimbangan yang harus dijadikan landasan menentukan jenis sumur adalah sbb


1. Model Sumur Tetangga

Tetangga terkadang melebihi saudara kandung, ungkapan itu memang ada benarnya. Karena sejatinya kita membutuhkan informasi tetangga bahkan sejak sebelum kita membeli tanah dilingkungan tersebut. Setelah mengetahui jenis tanah di lokasi sumur akan di gali, kita juga harus tahu jenis sumur apakah yang digunakan oleh tetangga sekitar apakah sumur gali atau sumur bor.
2. Kemampuan BiayaDua syarat utama sudah kita ketahui, untuk menentukan Pilih Sumur Bor atau Sumur Gali tentunya harus mengukur kemampuan keuangan kita. Karena dua pilihan tersebut mempunyai konsekuensi keuangan yang berbeda. Sumur bor saja ada 2 metode yaitu Sumur Bor Mesin dan Sumur Bor Manual, yang bisa di efesiensi adalah sumur gali.

3. Waktu Penggalian Sumur

Untuk penggalian sumur bor sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun yang perlu anda ketahui adalah ketika di bor dimusim hujan otomatis saat diuji untuk serah terima selesainya pekerjaan hasilnya akan maksimal, tetapi bagaimana jika nanti musim kemarau.
Untuk sumur gali sebaiknya dikerjakan saat musim kemarau. Pekerjaan pembuatan sumur sebaiknya dikerjakan sebelum pekerjaan pondasi dan jarak dari septictank atau bak penampung tinja minimal 10 m

Buat yang masih binggung apa keunggulan antara sumur bor dan sumur gali ya?
pastinya setiap pengerjaan yang berbeda memiliki keunggulan dong sob,
berikut keunggulan pembuatan sumur gali dibanding sumur bor



Dan pada babak akhir kite bahas begimana cara perawatan sumur gali dan perawatan sumur bor biar, handu kaga demen tinggal disono sob
Untuk menjaga agar kondisi sumur resapan tetap brfungsi dengan baik maka perlu diadakan pemeriksaan secara periodik, setidaknya setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan itu meliputi :
  1. Aliran masuk
  2. Bak control
  3. Kondisi sumur resapan

Pembuatan sumur resapan air hujan merupakan salah satu solusi untuk  menjaga cadangan dan kualitas air agar terjaga dengan baik. Dalam skala yang lebih luas dapat pula memperbaiki kualitas lingkungan sekitar. Kita bisa mulai membuatnya di rumah yang kita tempati. Namun alangkah baiknya jika dilakukan secara bersama-sama dan menjadi gerakan massal. Sebuah tindakan kecil  sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan yang kita tempati. Selamat mencoba. (Dari berbagai sumber)

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon