Minggu, 15 Maret 2015

Proses pengolahan limbah elektonik, B3, daur ulang menjadi Emas murni part I

Brobro..
setelah sebelumnya tahun lalu ane share pengalaman dan artikel mengenai pengolahan bijih emas berbagai teknik nih, kali ini ane ngeshare cara lengkap pengolahan limbah elektronik, sim card, hanndphone menjadi emas murni, perak murni, dan tembaga murni.
Buat kalian yang belum baca cara pengolahan emas dari bijih tambang emas baca dulu dooong
Artikel lengkapnya tinggal klik dibawah nih bro, detilll banget deh pokoknya bisa langsung latihan..

pengolahan bijih mengandung emas part 1
pengolahan bijih mengandung emas part 2

pengolahan bijih mengandung emas part 3



Nah kalo udah baca baru deh semakkin nyambung kalo kalian baca nih artikel.
Sebagai pengertian awal,
Logam emas tidak larut dalam kebanyakan asam kuat yah mulai dari

- Asam flouride (HF konsentrasi paling pekat dijual dipasaran 20%)
- Asam nitrat (HNO3 konsentrasi paling pekat dijual dipasaran 65%)
- Asam Sulfat (H2SO4 konsentrasi paling pekat dijual dipasaran 98%)
- Asam perklorat (HClO4 konsentrasi paling pekat dijual dipasaran 72%)
- Asam klorida (HCl konsentrasi paling pekat dijual dipasaran 37%)
- Asam pospat (H3PO4)
- Asam cuka (CH3COOH konsentrasi paling pekat dijual dipasaran 100%)


Namun logam emas larut secara sempurna dalam AIR RAJA atau sering disebut Aquaregia (dalam kasus pelarutan limbah elektronik ya bukandalam kasus jenis batuan karena kalau dalam jenis batuan / bijih emas yang terikat dalam silika cenderung sulit dilepaskan ikatannya jadi logam emas cenderung sukar larut asam)
Untuk kekuatan asam sesuai urutan diatas ya bro, jadi dipadukan antara konsentrasi dan kekuatan asam. konsentrasi maksimum yang dianjurkan untuk penjualan bahan kimia ini ya sesuai berat molekulnya bro,#makanyabelajarkimia
HF adalah jagonya senyawaan asam karena Flouride cenderung melepas 1 elektron dan atom hidrogem paling cenderung melepas 1 proton dan artinya tingkat keasaman senyawaan ini stabil dan sangat kuat biasa digunakan untuk melarutkan kuarsa, silika, dan senyawaan mengandung silika 

PEMANASAN DULU YE>>

Emas (simbol kimia Au) juga digunakan secara umum di bidang manufaktur (industri elektronik dan komputer khususnya) karena sangat baik dalam hal konduktivitas panas dan listrik, ketahanan terhadap oksidasi, dan inalterability. Industri komputer menggunakan beberapa ratus ton (318 ton pada tahun 2003, misalnya) dalam unsur setiap tahun.

Logam mulia ditemukan di hampir semua komponen komputer – prosesor, motherboard, kartu grafis, DIMM memori, dan lain sebagainya. Tentu saja, jumlah yang digunakan di setiap bagian sangat kecil. Tetapi dengan harga emas meroket dalam beberapa tahun terakhir, itu menjadi harga lebih dan lebih ekonomis juga layak untuk menambang emas dari komponen elektronik dan komputer bekas seperti itu. Itulah mengapa perusahaan-perusahaan khusus bermunculan untuk melakukan hal ini.
Sampah elektronik bukanlah sekedar sampah. Disamping berbahaya, ternyata kita bisa mendulang emas dari sampah elektronik jika pintar mengolahnya. Emas sering kali digunakan untuk melapisi bagian-bagian tertentu dari komponen elektronika seperti prosesor, harddisk, ram, motherboard, ataumainboard, PCB handphone, PCB komputer, Integrated Circuit (IC), kartu cip handphone, dan sebagainya.
Komponen-komponen tersebut harus dilapisi emas karena hanya emaslah yang mampu menghantarkan arus listrik nyaris tanpa hambatan atau disebut juga zero resistensi (tanpa panas). Oleh karena itu, banyak juga orang-orang yang berusaha "mendulang" emas dari sampah-sampah elektonik yang ada. Salah satunya Adi Kristyo Permadi. Dia bahkan mengajarkan kepada banyak orang tentang bagaimana cara pengambilan emas dan perak dari sampah elektronik hingga proses pemurniannya melalui e-book yang dibuatnya. Dan tentunya ebook ini ga dijual gratis doong, beda sama kumpul-bacaan blog yang menjelaskan cara pengolahan limbah elektroonik menjadi emas secara detail dan gratiss ga ada penipuan apalagi pembohongan publik hanya belum dibuktikan sama pembuat aja. hehehe tapi belajar secara teori sih masuk sobb..
Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan hal ini pada prinsipnya sob nih gambarannya ya

1. Menghilangkan pengotor yang ada seperti tembaga, perak, seng, nikel dalam umpan         baru proses emasnya (kemurnian emas yang dihasilkan tinggi)
2. Larutin semua logam yang ada pisahin emasnya (kemurnian emas yang dihasilkan                rendah) karena banyak logam lain yang ikut sob


Sekarang, ane akan nunjukin ke ente bagaimana cara mendulang emas dari motherboard lama menggunakan metode “do-it-yourself” (lakukan sendiri) . Harap diperhatikan: bahan kimia yang digunakan dalam demonstrasi ini adalah sangat berbahaya, terutama pada konsentrasi yang digunakan. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan anda mencoba untuk mereproduksi percobaan ini di rumah.


Emas ditemukan di berbagai tempat pada motherboard: konektor IDE, slot PCI Express, PCI, AGP, ISA, dan port2 lain, pin jumper, soket prosesor, dan slot DIMM (SIMM di motherboard yang lebih tua).
Semua konektor ini sering ditutupi dengan lapisan emas beberapa mikron tebalnya, disimpan dengan cara flashing atau pelapisan.

TAHAP PENGOLAHAN, PEMURNIAN, PENGAMBILAN EMAS DARI KOMPONEN ELEKTRONIKA


1. TEKNIK PELARUTAN ASAM SULFAT (H2SO4) ELEKTROLISIS (cara pertama)

Jadi, tahap pertama dari percobaan ini adalah untuk mengumpulkan semua pin dan konektor. Kita perlu tang dan cutter, obeng datar, gigi pokoknya semua alat yang bisa mencabut warna kuning dari perangkat elektronik, mulai dari pin, socket, processor, dsb deh asalkan jangan lo masukin utuh semua tuh komponen ngelarutnya lama tauu..


Kita memerlukan banyak pin dan konektor dll, makanya kumpulin sebanyak mungkin barang bekas motherboar dr kerabat ente…! hehe

Bersama dengan beberapa bahan kimia yang diperlukan sebelum melakukan aksi ininih

- Asam sulfat pekat (H2SO4) bisa beli ke tukang aki (air aki isi ulang gt)
- Asam klorida pekat (HCl) terkandung dalam pencuci keramik (yg warnanya biru kentel2      lupa nama mereknya itu kandungan HClnya lumayan banyak lhoo
- Natrium hipoklorit NaClO4 biasa dipake di kolam renang nih
  atau terkandung dalam pemutih pakaian seperti bayklin, 
- Perubah arus searah (AC ke DC)
- Logam timbal
- Stanlis stell
- Wadah plastik (gelas plastik, nampan plastik, mangkok plastik)


Untuk mendapatkan beberapa mikrogram emas yang tersimpan di pin, kita akan menggunakan metode sel elektrolitik (elektrolisis /penyepuhan).
Nampan kaca ini berisi dari 95% larutan asam sulfat (H2SO4).
Katoda menjepit logam timbal (Pb)
Anoda terbuat dari stanlis steel pada rapat arus 
200-300 A/m2  arus searah ya (DC)
(ini adalah proses elektrolisis tembaga alias tembaganya dibuang dulu). 



Reaksinya begini nihhh
Cu2+ + 2H2SO4 +O2 ----> CuSO4 +2H2O


Dengan menjalankan arus listrik searah melalui sel, dengan menggunakan pengisi baterai biasa, Tembaga terlepas dari emas, maka emas akan membentuk sedimen di bagian bawah sel nampan (tidak larut asam sulfat emasnya dan tidak ikut terelektrolisis.
perlu dicatat bahwa suhu bak meningkat secara signifikan selama proses ini (prosesnya bakalan panas nih jadi usahakan pake nampan gelas ya bukan plastik yang bahan diperlukan diatas salah deng dan kalian ga bakalan sadar kalo belum baca detail artikel ini jadi perhatiin baik2 yaaa..)


Setelah semua pin kita mandikan atau celupin dan tembaganya sudah terlepas, diamkan dulu sebentar bak mandi kita, agar mengendap emasnya dibawah, lalu larutan asam sulfat tadi kita buang sebanyak mungkin sampai tersisa ampas emas dibawah nampan (bak).


Hati-hati untuk menuangkan asam ke dalam air (mengencerkan agar mudah disaring), dan bukan sebaliknya! Jika Anda salah melakukannya, pertama tetesan air yang menyentuh permukaan asam sulfat akan segera menguap dan dapat menyebabkan percikan asam. jadi tuang asam ke air dan bukan air tuang ke dalam larutan asam!.


kemudian larutan asam sulfat yang udah diencerin dengan air tadi jangan lupa disaring untuk memastikan tidak ada endapan yang mengandung emas ikut terbuang dalam larutan sulfat


Sekarang yang tersisa adalah campuran amas,perak, platina, paladium dan kotoran. sekarang semuanya larutkan dalam campuran asam klorida 35% dan pemutih klorin (sodium hipoklorit) sebesar 5%, dalam proporsi 2: 1.

dimana: 2 HCl + NaClO -> Cl2 + NaCl + H2O


Hati-hati! Reaksi sangat eksotermik dan menghasilkan klorin, gas yang sangat berbahaya. Gas khlor digunakan sebagai senjata kimia selama Perang Dunia pertama, di namakan bertholite. (tapi klorin / gas yang kita butuhin pastiin segera masukan endapan saat mencampurkan asam klorida dan klorin ya..)


nyatanya, klorin diproduksi oleh pencampuran asam klorida dan pemutih klorin inilah yang akan melarutkan emas dan membentuk klorida emas (III).
dimana: 2 Au + 3 Cl2 -> 2 AuCl3

Sekarang, yang perlu kita lakukan adalah menyaring semuanya sekali lagi. Filter akan mempertahankan semua kotoran, hanya menyisakan emas (III) larutan klorida.


Untuk menghasilkan emas metalik, kita perlu untuk mengendapkan emas yang berada didalam larutan, kita gunakan bubuk sodium metabisulfite, dengan adanya air, sodium metabisulfite akan menghasilkan sodium bisulfite.

dimana: Na2S2O5 + H2O –> 2 NaHSO3
sodium bisulfite ini yang akan mengendapkan emas.
dimana:3 NaHSO3 + 2 AuCl3 + 3 H2O –> 3 NaHSO4 + 6 HCl + 2 Au


sekarang kita diamkan, lihat endapan bubuk coklat dibagian bawah gelas yang terbuat dari tanah liat, hati2 jangan kita hilang barang sedikitpun, itulah EMAS metalik!.


lalu yang perlu kita lakukan ialah mencairkan bubuk ini dalam wadah lain, Titik lebur emas adalah sekitar 1064 ° C (1947,52 ° F), sebuah pembakar bertenaga gas oxy-butane (gas elpiji itu isinya propana dan butana lhoo) jadi bisa pake gas ini untuk membakar endapat tersebut menjadi emas murnii.



kalo proses udah selesai maka yang tersisa adalah bullion aliascampuran emas dan sedikit perak, platina dan paladium.. secara ekonomis apakah ini akan menjadi masalah?, tentu saja tidak, proses ini hanya layak digunakan pada skala industri, butiran emas kecil yang kita hasilkan hanya benilai beberapa ratus ribu saja, pada kenyataanya, pabrik pengolahan limbah seperti ini menggunakan tehnik dan bahan kimia yang lebih berbahaya, tips ini menarik dan menyenangkan bukan? agar kita tahu bahwa bisa menghasilkan tambang emas sendiri dari bahan bahan komputer bekas sendiri.

Nah gimana lengkap detail dan jelaskan??
kalo mau tanya2 boleh silahkan komen aja sob, bayar ane jadi konsultan juga bole kok..heehehehe
untuk cara keduanya liat diartikel selanjutnya yah.
yakni melarutkan emas dari limbah elektronik menggunakan aquaregia 
cuplikannya nih ane kasih duluan gann..

CARA PEMBUATAN AQUA REGIA, AIR RAJA

- Ambil 3 bagian Asam klorida (HCl) pekat
- Ambil 1 bagian Asam nitrat (HNO3) pekat
- Campurkan dalam wadah dan aduk perlahan (larutan berwarna kekuningan dan reaksi        eksotermik /      menghasilkan panas dan menghasilkan uap


*untuk gambaran proses selanjutnya simak vidio dibawah sob.


1 komentar so far

,.,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri, saya punya anak 2 masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana meninggalkan saya dan anak anak, ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya. Tapi setelah di bantu HABIB IDRUS hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi HABIB IDRUS. Untuk Konfirmasi Lebih Jelasnya: >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< .Semua petunjuk Beliau saya ikuti dan hanya Dalam waktu 2 hari, Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih HABIB IDRUS saya tidak akan melupakan jasa HABIB IDRUS. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH.(BUKAN PESUGIHAN ATAUPUN PENGGANDAAN UANG).

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon