Rabu, 24 Februari 2016

Cara pasang Ac Split (Air conditioner) yang benar sesuai daya listrik berbagai merk (Panasonic, LG, Sharp, Daikin, Samsung)

brobro..
hidup didunia tropis itu ibarat gampang-gampang serigala yah, #lho kok?
iya daerah tropis dikenal daerah yang subur daratannya dan kaya hayati lautannya, kenapa?
karena di iklim tropis hanya ada 2 musim, yakni musim hujan dan musim kemarau, yang artinya tidak ada musim gugur, musim salju, musim semi, dan musim panas seperti belahan dunia 4 musim

Mereka yang hidup di 4musim tentunya menantikan hidup dimusim tropis dan kite, yang hidup dimusim tropis menantikan hadirnya 4 musim dikancah khatulistiwa.
Musim kemarau selalu kekeringan dan musim penghujan selalu kebanjiran, entah dosa apa rakyat kita (dosa apa?) ya dosa lo-lopade yang banyak buang sampah sembarangan lah, dosa lo-lopade yang doyan naek gunung dan memenggal batang-batang pepohonan lah, dosa lo-lopade yang rela menguliti pohon demi sebuah kenanganlah, dan lo-lopade yang doyan tinggal diatas gunung tapi maunya nebang pohon untuk tempat tinggal tanpa nanem pohon tuh! pikirrr!!!.....hehe



Pengguna daerah tropis umumnya sudah terbiasa menggunakan pengingin udara baik itu kipas angin, kipas fan, AC portable, maupun air conditioner (AC).
kali ini kita bakal ngebahas pemasangan air conditioner (AC) / pendingin udara semua merek yang ada diindonesia agar penggunaannya awet, kuat, tahanlama, dan tidak bocor disembarang tempat

Sebelum lopade hendak memasang AC dirumah, pastiin dulu ya daya listrik yang tersedia cukup alias minimal tersedia 400watt karena pada rumah mungil dengan daya listrik 900watt terlalu beresiko yang menyebabkan terjkadinya kebakaran / konsleting, apalagi kalo kabel dirumah menggunakan kualitas nomer2 alias serat alumunium bukan tembaga bakalan gatahan ama panas tuh broh..

hitunghitungan mudahnya nih misal daya listrik 900watt

kulkas dirumah ada 1                    :150watt
tipi LCD 22incidirumah ada 1        :100watt
total lampu ada 5 @ 20watt          :100watt
mesin cuci dirumah ada 1              :100watt
mesin pompa air dirumah ada 1    : 90watt

dispenser & ricecooker dirumah    :90watt
                                                     
Total estimasi daya elektronik 630watt jadi daya yang tersedia 900w - 630w = 270watt
artinya kalian kudu beli AC yang inverter biasanya panasonik yang tersedia sampaidengan 270watt dan tentunya harga jauh lebih mahal dibanding AC split konvensional yah broh!

dan itujuga dengan catatan, lo cuma bisa pake pada malam hari tanpa menyalakan TV, mesin cuci, dan pompa air...biar amannnn dan tetep dingiinnnn


Untuk pemilihan besaran pK (satuan tingkat daya pendinginan AC)
pastiin dilihat ditabel dibawah broh, biar semakin jelas penggunaan AC dengan nilai pK paling sesuai.



dan masalah biaya yang akan ditimbulkan dari penggunaan AC jangan kaget ntar yah broh

Berikut ini daftar kebutuhan listrik dari kapasitas masing-masing AC secara umum :

AC Standart                                            AC Low Watt          AC Inverter
AC 1/2 PK =   400 Watt  (1,8 – 2,6 A)     = 320 Watt
AC 3/4 PK =   600 Watt  (2,7 – 3,6 A)     = 530 Watt
AC 1    PK =   840 Watt  (3,4 – 4,3 A)      = 660 Watt            = 225 -   920 Watt
AC 1.5 PK = 1170 Watt  (5,0 – 5,9 A)                                    = 270 – 1070 Watt
AC 2    PK = 1920 Watt  (8,2 – 8,9 A)                                    = 300 – 1710 Watt
AC 2.5 PK = 2570 Watt    (13,2  A)                                       = 350 – 2220 Watt

Watt = Ampere x Volt (220)
Contoh biaya yang akan hadir saat penggunaan AC  :
AC 1 PK dengan daya 840 Watt
Digunakan selama 8 jam sehari selama 30 hari
Biaya per kwh listrik Rp.1000 / kwh
Maka Biaya yang dibutuhkan selama 30 hari pemakaian AC tersebut adalah
= 0.84 x 8 x 30 x 1000 = Rp. 200.000,- (perbulan)

murah apa receh? kalo receh pasang yang banyakkkkk brohhh, biar kece..hehe

Unit dalam (Indoor AC) 



  1. Tempat yang tidak menghalangi udara masuk dan keluar  
  2. pemasangan indoor ac jangan terlalu rapat dengan atap plafon + 15 cm dari atap
  3. Pasang indoor AC pada tempat yang dapat menahan beratnya unit
  4. hati2 bila memasang pada dinding yang memakai Batako
  5. Pilih posisi yang memudahkan pemasangan pipa dan kabel kabel yang menuju unit luar (outdoor) untuk menhindari banyaknya tekukan tekukan pipa AC
  6. Sediakan tempat yang cukup luas untuk memudahkan perawatan rutin (filter indoor) dan pelepasan cashing indoor pada saar service AC
  7. Pastikan buangan air AC mengalir dengan baik dan benar
  8. untuk menghindari terjadinya luapan air buangan ac ke dalam unit indoor.
  9. Pasang unit dalam (indoor) pada dinding minimal jarak 2,5 meter dari lantai
  10. pasang unit AC jauh dari jangkauan anak-anak, jauh dari udara bergaram tinggi(pinggir laut), jauh dari gas yang mudah terbakar


Unit luar (Outdoor AC)




  1. Unit luar tidak boleh di pasang terbalik karena oli pelumas kompresor akan masuk ke sirkuit pendingin sehinggga dapat merusak unit AC
  2. Pilih tempat terbuka dan kering dan hindari dari sumber panas matahari langsung
  3. Pasang di tempat yang tidak menggangu jalan (bila rumah di dalam Gang senggol)
  4. Pilih posisi yang mudah dalam penyambungan pipa ac yang terhubung ke indoor AC, Panjang pipa minimal 5 meter dan maximal 15 meter(lebih dari itu jangan pake AC)
  5. Tempatkan unit luar pada posisi yang dapat membuang udara secara bebas agar udara panas outdoor tidak feedback
  6. Pilih tempat yang suara operasi AC dan hembusan udara outdoor tidak menggangu tetangga
  7. Buat jarak pemasangan outdoor ac yang memudahkan dalam hal perawatan ac
  8. Jika unit luar (outdoor) di pasang terlalu tinggi, perhatikan kekuatan bracket penyanggany
  9. Jika pemasangan instalasi pipa ac melewati atap rumah (di atas plafon) usahakan agar pipa pipa ac tersebut di balut kembali dengan ductape ac (isolasi) untuk menghindari kondensasi udara sekitar aliran freon dan menimbulkan tetesan air yang jatuh kepermukaan plafon mengakibatkan hadirnya lumut diplafon rumah. 
  10. Jika ingin di pendam di dalam tembok usahakan terbungkus di dalam pipa pvc karena kondensasi ac ini lama kelamaan akan membuat tembok menjadi rusak dan berlumut
  11. Unit outdoor AC lebih baik dipasang lebih rendah dari pada unit indoor tetapi jika memang terpaksa outdoor dapat dipasang lebih tinggi atau sejajar dengan Unit Inddor, untuk pipa freon pada unit outdoor harus dibuat melingkar 1 atau 2 putaran sebelum turun keunit indoor. hal ini dimaksudkan agar oli Compresor tidak ikut turun ke Unit Indoor.
dDan yang paling penting broh, kalo ruangan udah dipasang AC jangan dibiasain merokok didalam ruang tersebut yeah, karena asap rokok akan melekat pada bagian filter indoor AC yang nantinya akan menutupi aliran udara yang mengalir akibar timbul slag yang amat lengket dan susah dibersihkan yang ditimbulkan asap rokok, dan yang pasti gunakan freon ramah lingkungan broh, bukan CFC lagi nih jamannya




1 komentar so far

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon