Selasa, 23 September 2014

Jenis, Daftar, Harga, dan Macam Batu Akik Serta daftar Laboratorium Uji Sertifikasi Gemstone

Brobro..
Hari gini lagi musim banget nih batu akik,
Bagi sebagian lelaki katanya sih bakalan ada kekerenan tersendiri waktu mereka pake batu akik yang melekat pada jari-jarinya mereka.
Namanya juga musim, mau diapainlagi sih...lagian keren juga lho kalo batu yang dipakainya kristalnya udah jadi alias udah tua. Apalagi kalo ditambah atau dimasukin ilmu hitam ke tuh batu, bakalan makin keren dan banyak khasiatnya deh....*janganpercaya hal beginian ya!
Udah pada tau belon harga-harga batu akik yang dijual dipasaran sekarang banyak yang ga masuk akal bro? Masaaa sampe milyaran rupiah coba???? kan batu doanggg gitu!!


Coba dibayangin pake duit itu bayarnya, banyak tuh lembarannya, coba kalo dibeliin emas! pastinya bakalan lebih menguntungkan tohhh?? Berbagai sugesti dimasukkan ke dunia batu yang tujuannya adalah meramaikan jenis koleksi batu akik yang lagi marak di bumi pertiwi kita ini. Ada beberapa jenis batu akik yang khasiatnya katanya sih bisa dijamin seperti : 

  • Batu pencari jodoh
  • Batu pencari rejeki
  • Batu penghilang nafsu sex
  • Batu pembawa kenikmatan
  • Batu pembawa kebaikan
  • Batumudah rejeki
  • Batu pencari anak hilang
  • Batu pelindung godam
  • Batu pelindung santet
  • Batu penghasut
  • Batu Nabi
  • Batu nyi roro kilul
  •  Batu ginjal
  • Batu mantan *apasihhhhh..krik..krikk

Nah kalian sebagai warga yang bisa berfikir jangan percaya hal beginian yak! dosa keles, masa batu pangkatnya udah mirip tuhan sih! dan sebelum kalian beli sebuah atau duabuah batu akik nih, baiknya kudu tau dulu nih cara membedakan batu akik asli alami atau batu akik yangberasal dari alam dan mana batu akik sintetis yang berasal dari peleburan silika dikasih pewarna dan mana batu akik hasil bungan limbah industri keramik brohh. Dan lebih pastinya hanya bisa dilakukan dilaboratorium uju yah!

Beberapa daftar laboratorium uji diIndonesia yang tersertifikasi untuk pembuatan sertifikat batu akik alias gemstone kelas dunia beserta daftar harga pembuatan sertifikat & Uji cepat type GEMSTONE nih bro daftarnya :

  1. ACC GEMLAB (Bapak Agus Dwi)Jl. Masjid II No. 37 Rawabunga Jatinegara Jakarta Timur, Jakarta, Indonesia 13350, ( 021) 85919998

  2. SKY LAB

    TAMINI SQUARE Shopping Mall lt. 1 FS 1 no. 23, Jalan Taman Mini 1 Jakarta TImur.
    Phone : 021-8778 6261
  3.  NU Gem Lab (Bapak Nugroho Trip) Kompleks Pegadaian Jl. Dukuh V, No. 13 RT 006 RW 005 Kp. Dukuh Kramat Jati 13550 Phone : 081357575710.
  4.  (ACC Gem Lab) Jl. Masjid II No. 37, Rawabunga – Jatinegara, Jakarta Timur, 13350.Telp 021 85919998.
  5. AGL (Adamas Gemological Laboratory) Apartemen Istana Harmoni Lt. 1/2A Kompleks Harmoni Plaza, Jalan Suryopranoto Jakarta Pusat 10130, Indonesia Phone : 021-6305546-47.
  6. BIG LAB (Ben’s International Gemological Laboratory) Jl.Gajah Mada No.19-26 Jakarta Pusat (Gajah Mada Plaza, Lt. 1 No.11) Phone : (021) 63861666.
  7. PEGADAIAN G-Lab Jl Kramat Raya 162 Jakarta Pusat Phone : (021)31555550.
  8. LGX (LAMPUNG GOYANG EXTREME) *naon eta teh??
  9. FLAMBOYANT GEM LAB Jl. Gajah Mada no.19-26 JakPus (Gajah Mada Plaza, Lt. 1 No.61) Phone : (021)6344547/6339058.
  10. GRI (Gem Research International Lab) Batu Ceper IV No. 6L,Jakarta Pusat 10120Phone : (021)3510132 Fax: (021)3510133.
  11. KGL (Kian’s Gemological Laboratory) Jl. Kunir No.6 , Surabaya 60175 Phone : +6231 353 1570.
  12. IGL – INTERNATIONAL GEMOLOGICAL LABORATORY
    Suite 16A, Menara Imperium
    Metropolitan super blok, Kaveling no 1
    HR Rasuna Said, Jakarta Pusat
    Telp: 021-8354050
    Fax:021-8354037
    E-mail: igl@igl-asia.net
    http://www.facebook.com/batumuliashop?fref=ts
    http://www.facebook.com/igl.asia?fref=ts.
  13. AVIANNOOR GEMS LAB

    Sertifikat = Rp 200.000
    Gems Brief Report = Rp 100.000
    Memo (jika sintetis) = Rp 100.000.
  14. GRI-LAB (Surabaya) 
    Ruko Landmark Kayun. Jl.Kayun no:38-40 Blok A3 Surabaya 60271
    No telp:+6231-5358561.
  15.  Lab Pegadaian kantor Pusat
    Jln. Kramat raya no. 162 jakarta Pusat
    Samping Gedung PBNU.
  16. TGL (Tasbih Scientific Gemological Laboratory)
    PASAR RAWA BENING (JAKARTA GEMS CENTRE) Jln. Bekasi Barat Raya Lt. 1 BLOK AKS No. 162 (Jatinegara) Jakarta Timur (13350)
    Phone : 021-85909404.
  17. Lembaga Pengembangan dan Sertifikasi Batumulia (LPSB)
    JL. Achmad Yani No.22-D Km40
    Martapura, 70614
    Kalimantan Selatan
    Telp/Faks: +62-511-4723230.
  18. AGL – Adamas Gemological Laboratory
    Apartemen Istana Harmoni, Lt1/A-2,
    Kompleks Harmoni Plaza, JL. Suryopranoto,
    Jakarta Pusat 10130
    Telp: +62-21-6305547/6397470
    Faks: +62-21-6305546
    http://www.agl-igp.com/.
  19. GRI – GEM RESEARCH INTERNATIONAL LABORATORY
  20. Batu ceper IV No.6L Jakarta pusat 10120 Indonesia
    Phone: (021) 3510132
    Fax: (021) 3510133
    http://www.facebook.com/GRILabPage?ref=ts&fref=ts
    Sertifikat besar = Rp 400.000
    Sertifikat kecil = Rp 250.000
    Gem ID + Origin = Rp 200.000
    Gem ID = Rp 100.000
    Rough / setengah KG = Rp 500.000

TEKNIK PENGECEKAN LABORATORIUM PENENTUAN JENIS BATU AKIK

Batu akik dengan unsur mineral silikon dioksida ada dalam kelompok ini. Silikon dioksida bisa ditemukan di mana saja di semua lapisan bumi. Tapi yang membuat sebuah batu itu istimewa adalah ketika “kawin” dengan unsur mineral lain dan menghasilkan kristal yang tembus cahaya. Hal ini tentunya disebabkan dari unsur Si (silikon) yang cenderung bersifat transparan dan yang membuat perbedaan warna batu akik berasal dari mineral yang diikatnya. Misalnya seperti :
  • Mineral pengikat silikon berupa sulfur maka batu akik berwarna kehitaman
  • Mineral pengikat silikon berupa logam cobalt maka batu akik berwarna kemerahan
  • Mineral pengikat silikon berupa logam copper maka batu akik berwarna kehijauan / kebiruan
  • Mineral pengikat silikon berupa logam mangan maka batu akik berwarna ungu kehitaman
  • Mineral pengikat silikon berupa logam nikel maka batu akik berwarna kehijauan
  • Mineral pengikat silikon berupa logam cromium maka batu akik berwarna kejinggaan
  • Mineral pengikat silikon berupa logam besi maka batu akik berwarna abu kehitaman
  • Mineral pengikat silikon berupa logam merkuri maka batu akik berwarna metalik abu
  • Mineral pengikat silikon berupa logam natrium & kalium maka batu akik brwarna kuning kemerahan
  • Mineral pengikat silikon berupa logam emas maka batu akik berwarna kuning mengkilat

Batu bacan, misalnya, memiliki percampuran silikon dioksida dengan chrysocolla, dan kalsedon dan hanya ditemukan di Indonesia, Amerika, dan Peru. Batu lain yang termasuksemiprecious antara lain topaz, garnet, dan scapolite. Berikut ini beberapa tahapan identifikasi sebuah batu di laboratorium gemologi Indonesia:
  1. Pengecekan Refraction Index (RI) menggunakan refractometer. Semakin tinggi RI,       semakin besar pula kejernihan dan kilauan sebuah batu.
  2. Tes specific gravity atau SG. Ini diperlukan untuk mengukur berat kandungan mineral   pada sebuah batu. Satu batu bisa mengandung banyak mineral, seperti quartz yang     terdiri atas mineral silikon dioksida atau aluminium oksida yang mengkristal dan           membentuk corundum.
  3. Memastikan melalui mikroskop tentang jenis atau nama batu, dimensi, bentuk,             pemotongan, asal negara, dan treatment yang sudah dialami batu.
  4. Semua hasil identifikasi dicantumkan dalam sertifikat atau ID card / GEMS ID jadi          konsumen semakin yakin dengan jenis batu yang dimilikinya

DAFTAR dan JENIS BATU CINCIN AKIK HARGA TERMAHAL DIINDONESIA :
1. Batu Bacan1 batu-bacanBatu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.
Kedua jenis batu ini menag tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.
2. Batu cincin Safir1 batusafirSafir merupakan batu permata yang diminati banyak kalangan baik di Indonesia maupun di berbagai negara. Namun harganya yang mahal tidak semua orang mampu memiliki jenis batu alam yang indah ini. Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya.
Batu permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu. Khasiat batu safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya
3. Batu Cincin Zamrudbatu zamrudJenis permata ini memiliki warna hijau bening sampai hijau tua dan sudah dikenal banyak orang sejak ribuan tahun sebagai permata indah dengan harga mahal. Batu zamrud memiliki kekerasan 7.5 pada skala mohs  dan permata ini dianggap sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian.
4. Batu Cincin Ruby
Batu Ruby sering juga disebut batu merah delima termasuk salah satu dari sekian banyak batu permata yang paling disukai di dunia termasuk di Indonesia. Harga batu ini bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian
5. Batu Topazblue topaz
Batu topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini.
Seperti batu mulia pada umumnya, topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun  rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.
6. Batu Opal (Kalimaya)batu kalimayaOpal atau Batu kalimaya merupakan jenis batuan mulia yang paling banyak dicari baik oleh penghobi maupun kolektor. Keindahan batu ini sudah tidak diragukan lagi, bahkan mereka yang baru mengenal batu mulia sekalipun akan tertarik dengan pesona batu yang mampu mengeluarkan aneka macam warna tersebut.
Batu opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas layaknya batu akik pada umumnya. Harga batu opal/kalimaya termahal sekita 2.500 dollar/karat.
7. Batu Sungai Dareh1 sungai-darehBatu akik sungai dareh termasuk salah satu batu cincin populer dan termahal saat ini. Batu asal Sumatera Selatan itu kini tengah menjadi incaran para penghobi maupun kolektor. Popularitas batu itu mulai menanjak sejak Presiden SBY dan Barak Obama (Presiden Amerika) di duga mengenakan batu tersebut di jari tangan mereka.
Harga batu sungai dareh berkualitas tentu saja sangat mahal bahkan, namun untuk kualitas sedang yang banyak dijual di pasaran lokal harganya cukup terjangkau, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
8. Batu Giokbatu giokDi Indonesia batu giok sudah dikenal sejak lama, namun popularitas batu ini tidak pernah luntur, terlebih ditengah semakin tingginya penghobi batu akaik belakanhgan ini, sehingga membuat harga batu giok makin mahal.
Keindahan Giok dengan khas warna hijau banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain. Namun sebagian orang masih percaya bahwa batu yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi di China itu dipercaya bisa membawa keberuntungan, ketentraman dan kedamaian bagi pemiliknya. Baca: Khasiat Batu Giok
9. Batu Kecubung (Amethyst)batu akik kecubungBatu kecubung termasuk salah satu dari sekian banyak batu akik yang juga tengah menjadi incaran banyak penghobi. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuat batu yang biasa disebut Amethyst di pasaran intenternasional itu terlihat mempesona.Tak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan lhooo

sebelum membeli batu akik yang mahal ini, pastinya kalian kudu melakukan uji batu di laboratorium uji indonesia tersertifikasi seperti yang dijelasin diatas ya.

Lab Uji ini tentunya harus mendapat sertifikat uji laboratorium khusus kelas dunia yang menangani masalah batu akik atau nama dunianya GEMSTONE nantinya tujuan utamanya adalah menentukan batu akik tersebut adalah asli alami bukan buatan secara ilmiah yakni menggunakan beberapa teknik uji yang terkenal dengan instrumentasi modern seperti XRD, XRF, Mikroskopis serta banyak teknik lainnya. dan pastinya dengan orang-orang yang ahli dan kompeten dibidang Geomorfologi bro.

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon