Wednesday, September 3, 2014

Cara mudah membuat akte kelahiran anak pertama, kedua, ketiga, dan anak hasil hubungan gelap

          AKTE KELAHIRAN.
brobro tau kan lupade apa itu akte kelahiran? apa lo belum lahir udah baca blog gw lewat peyut ibu lo?? jago2 daaaah...
itu lho yang suka dimakan pake daun pisang bareng gula arenn...???
tau kaga? kalo kaga tau mendingan googling dulu aja deh bro ke mbah google yang belakangan ini semakin disembah karena dia tau segalanya ibarat tuhan bedanya hanya dia ga tau jodoh lu siapa dan kapan lu tiada..sisanya tau semua dia daaaaah..
Akte kelahiran itu bro, bukti otentik kalo lu lahir dengan seorang ayah dan ibu, dan surat itulah bukti asli kalo llu bukan seorang anak haram, anak bayangan, anak ingusan, anak sitaan, anak pinjeman, anak hina, anak hasil hubungan gelap danlainlain. pokoke tuh surat bukti kalo lo lahir kedunia dengan sebuah nama dan tanggal lahir sebagai identitas lu kedepan, dan jangan salah ya nama pada akte adalah yang terbenar dibanding identitas lainnya seperti ktp, sim, pasport..jadi kalo nama lu pade beda dengan akte lahir mendingan tuh akte lu scan terus lu edit deh namanya pake nama tetangga lu ga malu dikira anak haram tetangga ntar..hahaha
lho ko ga nyambung??>;.][ lah terserah blog2 ane..terserah ane dooong
jauh sana, cuh!! *sambil sukatoro buat pembaca wanita..hehe

Buat sebagian besar orangtua baru, pasti males ngurus beginian. Kebanyakan, mereka akan memberi sejumlah uang (biasanya sih sampai ratusan ribu) untuk diurus oleh orang lain. Bahkan gue denger ada beberapa Rumah Sakit yang punya fasilitas pembuatan Akte Kelahiran. Ya orang dikasih kemudahan kayak gini, kebanyakan pasti diambil. Ya kali ngurus sendiri. Udah bingung mau ngapain setelah punya bayi, capek begadang, puyeng sama tagihan rumah sakit, ngurusin bayi yang kerjaan-nya cuma nangis-nyusu-berak-ngencing doang, yang paling parah, harus puasa ML selama 40 hari!! Gile, gimane gak stres tuh kepala atas sama kepala bawah. Mending bayar ratusan ribu dah biar diurusin orang terus tinggal terima beres.

Tatacara pembuatan akte lahir DKI Jakarta, JaBoDeTaBek dan seluruh wilayah indonesia


1. Bikin Surat Keterangan Kelahiran.
Tempat: Rumah Sakit.
Jangan lupa nih. Pas anak lahir, sebelum melakukan pembayaran, langsung minta ke pihak Rumah Sakit, Surat Keterangan Kelahiran. Mungkin beda-beda form-nya tiap rumah sakit/dokter/bidan. Tapi yang penting tercantum nama bayi siapa, berat, tinggi, tanggal kelahiran, siapa dokter yang menangani, dll. Ini langsung saja di potokopi sebanyak 5 lembar untuk jaga-jaga, karna akan sangat dibutuhkan untuk beberapa proses kedepannya. Sama buat kenang-kenangan juga, karna pas bikin Akte Kelahiran, asli dari Surat Keterangan Kelahiran bakalan "disita" oleh negara :'(

2. Siapin Syarat Bikin Kartu Keluarga.
Tempat: Rumah Sendiri.
Gue gak perlu ngasih tau lagi ya apa aja yang perlu disiapin buat bikin Kartu Keluarga, udah jelas terpampang oleh gambar dibawah ini. Kurang lebih sih sama aja syarat-syarat-nya kayak waktu elo baru nikah. Juga nanti ada perubahan pas anak pertama lahir. Dan ada lagi pas anak kedua lahir, dan seterusnya sampe anak lu 11. dan bisa bikin tim sepakbola.

3. Bikin Kartu Keluarga.
Tempat: Kelurahan.
Kalo semua syarat sudah lengkap dan BENAR, bikin Kartu Keluarga bisa ditunggu loh. Kira-kira 1-2 jam udah jadi. #saik emang Gubernur Jakarta saat itu *ah iyak, kampanye udah selesai* *maap*
"Benar" diatas gue capslock karna kemaren sempet berdebat hebat tuh sama orang kelurahan, masalah potokopi KTP. Dia nyuruh gue potokopi ulang KTP-nya, karna yang gue serahin cuma halaman depan (yang ada poto, alamat, dll) doang. Harusnya bersebelahan, halaman depan sama halaman belakangnya. DAN GAK BOLEH BOLAK-BALIK. Katanya buat legalisir. ALASAN APA INI??!! Yang lebih lucu lagi, gue udah potokopi ulang sendiri, tapi beda posisi. Kalo diliat dari depan, yang halaman belakang KTP ada di sebelah kiri, poto-alamat-dll di sebelah kanan.. MASIH SALAH JUGA!! Bikin singa yang ada didalam diri gue bangun aje nih orang kelurahan, mana alasan-nya bonto gitu -__- Orang kelurahan: "Bilang aja sama tukang potokopi yang didepan, KTP buat legalisir, pasti ngerti dia". What the $%#&%*#@^ Akhirnya gue potokopi ulang. Yang bener itu, kalo diliat dari depan, poto-alamat-dll disebelah kiri, terus kanan-nya halaman belakang. BUAT LEGALISIR. PPPPFFFFTTT.

4. Siapin Syarat Bikin Pengantar Akte Kelahiran.
Tempat: Rumah
Dibawah ini syarat-syarat yang dibutuhkan untuk bikin pengantar Akte Kelahiran. Ini udah menggunakan Kartu Keluarga baru yang didapat dari tahapan ke-3 diatas. Plus udah ditandatangan Kepala Keluarga dan Ketua RW setempat. Ini toh ternyata tugas dari Ketua RW :D


5. Bikin Pengantar Akte Kelahiran.
Tempat: Kelurahan.
Setelah semua syarat-nya udah siap, tinggal balik lagi ke Kelurahan untuk minta dibikinin Surat Pengantar Akte Kelahiran. Dan LAGI-LAGI gue harus berdebat cukup panjang dengan pihak kelurahan karna merasa kayak "dipermainkan" dengan bolak-balik. Setelah kasus potokopi KTP, di tahap ini, ada baru lagi: HARUS ADA 2 ORANG SAKSI LAHIR. YA MANA GUE TAU, DI SYARAT TEMPELAN DINDING KAGAK ADA KOQ??!! -__- Disini gue ngomong cukup tinggi, sampe Hansip pada masuk ke ruangan :)) Dengan santai-nya Ibu-Ibu orang kelurahan ngomong: "Kan kemaren saya sudah bilang Pak, harus ada 2 saksi". Seinget gue sih, gue gak amnesia ya: "Saya gak pernah inget Ibu ngomong gitu sama saya. Lagian, liat tuh syarat didinding. Mana???!! Emang ada disuruh bawa 2 saksi? Males-lah Bu orang ngurus sendiri ke Kelurahan kalo bolak-balik kayak gini". Setelah si Ibu cuma bolak-balik ngomong "Kemaren kan sudah saya bilang, kemaren saya inget koq bilang gitu, blablabla", udah gak ada argumen sama sekali. Akhirnya gue aja yang ngalah. Sembari ngedumel, cabut dah dari kelurahan. Saksi ini boleh siapa aja, orang yang sangat available untuk diajak ngurus. Boleh Ayah/Ibu/Mertua, bahkan sopir atau ART juga boleh. Asal orang-nya ada, dan punya KTP untuk di potokopi legalisir -__- Kebetulan saat itu gue minta tolong Ayah-Mama, karna rumah deket. Dan mereka harus hadir saat nyerahin semua berkas. Karna cuma beberapa menit kalo syarat siap, ini Surat Pengantar Akte Kelahiran udah jadi, dan sebagai tanda kalo diterima oleh kita, 2 saksi harus menandatangani satu berkas gitu.
Ada hal yang lucu dimari, waktu 2 hari kemudian gue balik lagi ke Kelurahan, udah sama Ayah-Mama, dengan muka bete masuk ke tempat ngurus beginian. Dan seketika langsung gak bete dan senyum-senyum PENUH KEMENANGAN, setelah ngeliat ada kertas di tempel, tepat disamping syarat-syarat bikin Akte Kelahiran, dengan bunyi:


Padahal pas kemaren gue ngamuk-ngamuk, gak ada kertas beginian. PUAS BANGET RASANYA. HAHAHAHAHAHAHAHA.
Akhir-nya setelah Surat Pengantar Akte Kelahiran sudah jadi, beres juga urusan gue sama Kelurahan ini, mungkin alhamdulillah juga buat mereka gak ngelayanin warga rese' kayak gue lagi.
Kalo ditanya, berapa biaya-nya? NOL RUPIAH. Paling keluar biaya buat potokopi doang yang berulang-ulang, plus biaya bensin buat ke Kelurahan bolak-balik. Kalo elo Kenyan, kemana-mana lari, ya berarti biaya cuma buat biaya potokopi aja. Tapi, bentar dulu, jangan anggap semua-nya selesai. Saat gue udah mau cabut, dan ngambil semua itu berkas, ada salah satu pegawai ngomong ke gue, sembari nyodorin kertas kecil gitu: "Pak, kalo mau Sodaqoh, ini kami ada, untuk orang-orang yang membutuhkan". What the %$&#*@&$%


6. Bikin Akte Kelahiran.

Tempat: Kecamatan.
Di hari yang sama setelah ambil Surat Pengantar Akte Kelahiran di Kelurahan, gue-Ayah-Mama langsung lanjut ke Kecamatan buat nerusin permohonan. Dan udah gak perlu siapin syarat-syarat, karna ternyata udah dijadiin 1 bundel sama Kelurahan, tinggal dibawa. Masuk ke Kecamatan bagian ngurus Akte Kelahiran, ngisi beberapa form, tanda-tangan. Dan Ayah-Mama tanda tangan juga di beberapa form.
Oh ya, ini bisa bikin Akte Kelahiran di kecamatan karna masih berjarak 1 bulan dari kelahiran anak. Kalo lewat 1 bulan, ngurusnya bukan di Kecamatan lagi, tapi Dinas Kependudukan di Walikota. Kalo kasus gue, ke Pulogebang ngurusnya. Untung pas banget cuma 2 hari sebelum deadline, jadi masih deket ngurus-nya, kalo kagak mah busyet harus ngurus ke daerah antah-berantah gitu. *padahal tiap weekend kerumah mertua yang disana juga* *menantu durhaka*

7. Ambil Akte Kelahiran.
Tempat: Kecamatan.
Akte jadi maksimal 10 hari kerja setelah masukin syarat di tahap 6 diatas. Sekitar 2 minggu. Kalo gue, biar gak bolak-balik, minta nomer orang Kecamatan-nya, dan nanya udah jadi apa belom dengan nama tersebut. Males juga kan kalo bolak-balik kayak di Kelurahan kemaren. Dan di Kecamatan lebih asik orang-orang-nya, karna banyak yang masih muda. Sorry, bukan-nya gue memandang gimana gitu sama petugas yang udah berumur, tapi kayaknya mereka belom siap dengan perubahan yang diusung Jokowi-Ahok di Pemprov DKI. Mudah-mudahan aja gue salah ya. Setelah menerima konfirmasi udah jadi, tinggal ambil deh. Gak ada tuh sodaqoh-sodaqoh kayak di Kelurahan. S-o-d-a-q-o-h. Pft.

Gimana? Ribet kagak?

Kalo elo udah baca pengalaman gue ini, harusnya jadi lebih gampang dan cepat dalam ngurus Akte Kelahiran sendiri. Gak perlu banyak waktu, dan gak perlu bolak-balik karna syarat belom lengkap atau masih salah. Tinggal ikutin aja tahap-tahap diatas.

Kalo gue rangkum, sebenernya bisa loh ini semua elo kerjain dalam 1 hari, asal semua-nya udah siap, begini tahapan-nya:
Pagi bikin surat pengantar bikin Kartu Keluarga (KK) dan bikin Akte Kelahiran dari RT/RW -->> Ke Kelurahan dengan semua syarat lengkap, tungguin sampe KK jadi -->> Balik lagi ke RW buat tanda-tanganin KK -->> Jemput 2 orang saksi -->> Ke Kelurahan kasih semua berkas, tungguin sampe Surat Pengantar Akte Kelahiran jadi -->> Makan siang, traktir 2 orang saksi karna udah elo repotin -->> Ke Kecamatan setelah jam makan siang, nerusin berkas yang dari Kelurahan.
Beres tuh 1 hari kelar, tinggal nunggu Akte Kelahiran-nya jadi aja, tinggal ambil deh ke Kecamatan lagi.

Jadi sekarang kalo mau bikin Akte Kelahiran anak, tinggal pilih deh:

1. Sehari ngurusin, dari pagi sampe siang, tapi GRATIS.
atau
2. Santai-santai dirumah, tapi BAYAR RATUSAN RIBU.

It's Up To You.

gimana berguna kaga blog ane?
apa kaga berguna yaudah deh mending lupade gw kencingin sambil lu pade gw sukatoroin skalian tapi kalo cewe yaa..heheh
* apah ga tau sukatoro lu??
wah bocah ingusan lu pasti ya, jauh sana ga butuh perhatian blog gw masa dibaca bocah ingusan, bau bawang merah lagi

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon