Senin, 01 Juli 2013

cara memperbaiki, mengetahui, mendiagnosa baterai laptop dan notebook yang masih baik atau rusak gilaa..

bro..broo..
sadar ga sih bro betapa pentingnya guna batere itu di laptop kite??
bayangin aja kalo tiba2 lo ada diluar, ga ada colokan mau nge-wifian gratis
*biar tampak cool pake laptop janganlupa bergaya anak kantoran..hahaha
tiba2 tuh laptop sesegera mungkin dalam hitungan10 menit melakukan aksi mogok kerja *bisa dibesut abis batere..dan sesegera mungkin lo ngerasa cewe cewe disamping lo merhatiin lo dan bilang "gaya bet lo, abang-abang ngeweifian aja bawa laptop , gak jaman tau..
tiba2 lo langsung diludahin., ditampar, dijenggut2 rambutnya, terus diliatin banyak orang dan dikencingin beramai-ramai pasti lo ga mau banget kan sob..

nah kali ini kite mau ngeshare gimana cara ngerawat batere laptop sob, perawatan batere laptop dan diagnosa terkini masalah batere laptop dan inget ya sob kalo batere udah boocor itu kaga bisa dibenerin sob kecuali DIGANTI sob..nah untuk ngegantinya ada banyak cara nih sob mulai dari beli batere yg udah jadi apa mau ngebuka casing tuh batere dan beli batere casan sendiri yang nantinya dipasang paralel dah..

nah berikut alesan kenapa banyak batere laptop yang cepet bocor sob..



1. Terlalu banyak menggunakan Software secara bersamaan

Ketika komputer atau laptop menggunakan/menjalankan banyak software secara bersamaan, selain memberatkan pekerjaan prosessor dan memori tentunya akan memakan banyak tenaga. Tenaga dalam hal ini adalah listrik dari baterai laptop Kita. Untuk itu jika anda tidak ingin baterai laptop cepat habis ketika sedang digunakan dluar rumah, gunakan software yang diperlukan saja dan matikan fitur software yang launching otomatis ketika startup.




2. Sambungan wifi yang terus menyala.

Sebagian besar laptop sekarang ini dilengkapi dengan fitur wifi, namun perlu diingat bahwa wifi juga dapat menguras baterai laptop kita, apalagi jika ternyata Anda menyalakan wifi pada area yang tidak tersedia koneksi wifi. Itu akan lebih memakan banyak tenaga baterai karena wifi terus menerus mencari signal. Jadi sebaiknya matikan wifi Anda jika tidak sedang atau akan digunakan.




3. Penggunaan Screen Saver

Screen saver juga dapat menambah beban penggunaan listrik laptop dan membuat baterai laptop cepat habis, apalagi screen saver yang berupa animasi atau gambar bergerak.




4. Bluetooth yang terus menerus aktif


Hampir sama dengan efek penggunaan wifi yang terus menerus menyala, bluetooth yang terus dinyalakan juga akan membuat baterai laptop Anda cepat habis, maka pakailah fitur-fitur konektivitas semacam ini hanya pada saat dibutuhkan saja.

5. Internet dan browser

Mungkin tidak banyak yang menyadari bahwa penggunaan internet dan sekaligus browser internet di laptop Anda sangat menguras listrik baterai laptop. Browser pun memiliki tingkatan “boros” yang berbeda-beda.Google Chrome merupakan salah satu dari browser yang sangat powerfull namun ternyata juga memiliki tingkat keborosan yang tertinggi, jika anda berencana untuk menghemat baterai laptop Anda pada saat berinternet maka gunakanlah browser Opera. Berikut urutan browser mulai dari yang paling banyak memakan listrik baterai laptop

·         Google Chrome
·         Internet Explorer
·         Firefox
·         Opera

6. Temperatur laptop


Laptop dengan temperatur yang tinggi atau bisa dikatakan panas tanpa disadari juga sangat berpengaruh pada tingkat penggunaan listrik baterai. Baterai akan cepat habis jika keadaan laptop panas. Laptop yang panas bisa disebabkan karena berbagai hal seperti penggunaan software yang terlalu banyak, beban prosessor yang terlalu tinggi, atau juga bisa karena kipas pada laptop yang rusak atau kotor.
Demikianlah 6 hal penyebab baterai laptop cepat habis yang bisa kami share berikut cara mengatasi nya. Pada dasarnya masih banyak sekali hal atau penyebab lain yang memungkinkan penggunaan baterai yang meningkat dan menjadikan baterai laptop Anda boros. Mungkin lain waktu bisa kita bahas kembali. Sekian postingan kali ini mengenai Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Tips Mengatasinya, semoga bermanfaat.


7. Proses pengecasan yang berlangsung terus menerus meskipun kondisi baterai terisi sekitar 80%


Nah hal ini yang paling sering terjadi nih dipara pengguna lapop karena biasanya mereka atau gw lah contohnya selalu nyolok casan batere meskipun kondisi batere terisi sob nah hal ini pastinya berdampak buruk kalo lo pade ga aktifin fitur otomatis penghentian ngecas kalo batereudah mengisi dayanya sekitar 80%-an sob..
dan hasilnya batere pun kehilangan daya simpan energinya yang ditandai batere terasa panas saat dicas dan sedikit bergelembung dan hasilnya ketika colokan casan ga nyambung kelaptop laptoppun hanya mampu hidup singkat *dalam hitungan 10menitan *tergantung kasusnya nih sob..
dan kini fungsi batere hanya sebagai penghalang aja sob kalo ada perubahan kuat arus tiba2 laptop pun tidak langsung rusak melainkan kerusakan hanya pada casan dan baterai sob..
dan mesti diinget juga nih jangan pernah ngelepas batere laptop dan langsung nyolok casan ya sob karena pasti lebih mahallaptopnya dong dibanding baterenya????
karena kalo ada perubahan tegangan tiba2 laptoppun selamat oleh batere sob..

Nah sekarang pasti lo pade penasaran kan sob gimana cara nyari tau batere laptop kita masih oke apa udah e'ko??
nih sob caranya *cara ini diambil dari potingan blog  fajarjabrik

Kalibrasi Baterai Laptop


bro, ini adalah salahsatu fitur yang ditanamkan di tiap laptop kita *dalam BIOS buat nyari tau masih oke apa ngga nih batere yang kite pake sob..



Kadang kita juga merasa bingung dan bertanya, dengan adapter men-supply laptop, ini berarti baterai laptop diisi ulang juga kan? Jawabannya bisa benar bisa juga tidak. Karena ini juga tergantung dari setingan yang ada dalam laptop kita.

Pada merk laptop tertentu, ada sebuah fitur yang fungsinya untuk melindungi baterai dari pengisian ulang secara terus menerus menjadi penuh 100%. Dengan adanya fitur ini bisa diharapkan umur baterai jadi lebih panjang.*nih contoh tampilannya sob

Untuk mengetahui apakah di laptop kita ada atau tidak fitur tersebut adalah coba arahkan kursor pada gambar baterai yang ada di Taskbar di pojok kanan bawah layar. Pada saat ini, kondisi laptop menyala dengan supply tegangan dari adapter. Jika pada saat cursor berada pada gambar baterai dan muncul tulisan "80% available (plugged in, not charging)" berarti di laptop anda sudah ada fitur Battery Life Cycle . Jadi pada saat pengisian telah mencapai 80%, pengisian ulang secara otomatis berhenti. Fitur ini bisa diaktifkan lewat menu yang ada di BIOS. Untuk mengaktifkannya silahkan masuk ke BIOS dengan me-restart laptop. Tekan F2 dan silahkan cari nama menu Battery Life Cycle Extension. Kemudian seting menjadi Enable tekan ESC> SAVE> Restart Laptop.




nah terus gimana biar laptop ngenalin kualitas batere yang kita pake sob, inilah gunanya kalibrasi biar sang laptop ngasih tau kondisi daya yang tersimpan pada batere berapa persen biat tuh laptop kaga langsung mati tiba2 tapi pake pemberitahuan dulu sob..

1. restart laptop dan usahakan untuk masuk ke dalam menu BIOS (biasanya dengan menekan tombol F2).

2. Kemudian cari setingan baterai yang ada di di dalam BIOS tersebut dengan nama Smart Battery Calibration.

3. Selanjutnya silahkan dikilik Smart Battery Calibration. Di layar nampak prosentase daya baterai dari 0% sampai 100%. Cabut colokan adapter yang menancap di laptop kemudian tekan enter.




Selanjutnya program kalibrasi berjalan dan akan menghabiskan daya yang ada di dalam baterai. Proses ini akan memakan waktu dan berlangsung agak lama. Jadi usahakan pada waktu melakukan kalibrasi ini diwaktu yang senggang dimana si laptop memang benar-benar sedang tidak digunakan. 
 

Setelah baterai habis dayanya, maka laptop akan mati. Selanjutnya giliran lo yang bekerja, cukup ringan kok, yaitu tinggal mencolokkan kabel adapter ke laptop. Setelah itu maka baterai laptop anda akan diisi ulang secara penuh. Usahakan dalam pengisian ulang ini laptop dalam keadaan mati agar pengisian berlangsung secara sempurna. 

Lihat lampu indikator power yang ada di laptop, jika sudah ada perubahan dari warna merah menjadi warna hijau (mungkin di laptop anda warna indikatornya lain) maka ini mengindikasikan bahwa baterai sudah terisi penuh.

Coba nyalakan lagi laptop anda dengan menggunakan sumber daya dari baterai, lihat indikator baterai di taskbar dengan meletakkan kursor di gambar baterai. Lihat berapa jam lamanya baterai dapat men-supply daya ke laptop. Jika sudah cocok dengan yang terindikasi di program, ini artinya baterai sudah dikalibrasi dengan sempurna.

Selamat mencoba*inget sob kerusakan kalo terjadi apa2 salah lo ya mau -maunya ngikutin nih cara...hehehe

nah sekarang kalo lo udah tau noh batere udah soak alias kaga mau nyimpen daya lagi apa tindakan lo???
*yaeeeelah ya pasti lo mesti ganti lah baterenya dengan yang baru...#masa punya laptop ga mampu beli batre siiih..hehe
Nah masalahnya nih mau ganti dengan yang aslee pabrikan yang pastinya mahal apa mau ngeganti jeroan tuh batere sendiri nih???
nah kali ini gw cuma ngeshare tutorialnya aja ya..
*gw sendiri juga kaga pernah sob meskipun batere laptop udah soak tapi ya dipake aja buat ngeganjel nih laptop buarga cepet panas pengganti kipas pendingin..haha

berikut cara ngeganti jeroan batere laptop sob..



1. Lepas battery dr laptop
2. bongkar kebiasaan lama orang indonesia *eeh bongkar casing batere sob
biasanya harus dipotong dg pisau potong pcb / acrilyc (soalnya gak ada bautnya), pd bagian pinggirnya, hati2 krn ada rangkaian elektornik / pcb yg nempel dg casingnya. kl ga hati2 pcbnya bisa kegores dan jalurnya putus. INGAT………..!!!!!!   Pada Saat membongar jangan dari colokan ke laptopnya melainkan dari belakang agar rangkain yang di bagian colokan tidak tercongkel pada saat membuka baterai.
3. Lepas solderan2 pd battery yg mau diganti, beri tanda sebelum dilepas (lebih baik diphoto dulu biar gak bingung waktu masang lagi).
4. Battery laptop 1 pcs Rp 85.000 (biasanya ada 6 pcs / lebih).
kalo mau lebih hemat 
 pake battery mobil2an remote 12 Volt yg kotak gepeng (Rp 65.000), tp gak bisa dipasang langsung ke casing. Jd caranya kasih kabel agak panjang dr casing battery yg lama trus battery mobilan remotenya di taruh di luar casing. kalo mau hemat lagi pake betere cas merek china sob..dan masa hidupnya juga dipastikan singkat..hahaha *harga sebelum BBM naek sob
5. Untuk nutup kembali casing yg sudah dibongkar digunakan lem glue stick
 (itu lho yg lemnya ky lilin trus dimasukin ke glue gun yg dicolokin ke listrik).
6. Selamat mencoba. kalo ga bisa alias gagal  rasain nohh sendiri akibatnya
*makanya jangan kaya orang susah deh...hahaha bisa minta tolong sama tukang servis ya sob..
Setelah di buka baterai Laptop tidak sama dengan baterai mainan Anak-anak seperti mainan mobil tamiya, memamng bentuknya sama tapi besarnya yang berbeda,dan kekuatannya lebih dahsyat sob
* bukan titit ya sob...haha
. maksudnya besar adalah diameter dan tingginya tidak sama dengan baterai biasa.
nih gambaran kira2 gimana jeroan dan sistem transformasi elektron pada baterai lithion ion metode paralel *sok keren ya bahasanya

 Nah yang berwarna biru adalah batereai untuk laptop,dan yang warna abu-abu adalah baterai untuk tamia atw remot control. nah kalo batera lo pake 3cell ya berarti isinya 3batere sob kalo cell ya 6batere juga dong sob...inget batere cas voltasenya 1,2 sob bukan 1,5 jadi ati2 lo ketipu sama koko toko penjualnya sob..hahha
Ilustrasi: klw panjang baterai laptop 3 cell berarti klw panjang baterai tamia 4 cell, sebab dari panjang nya beda, maka dari itu klw dia baterai laptop 6 cell klw kita letakkan baterai tamia jumlahnya adalah 8 cell.
nah kalo mau tutorialnya liat aja vidionya sob


nah gimana artikelnya? geje pa ngebantu lo sob?
makasih ya udah maumampir..

14 komentar

gan ane mau tanya.. di baterai ane kok gak ada count cycle nya pas ane cek.. terus kalo udah 100% tulisannya masih charge in.. nah waktu ane coba liat settingan bios, kok enggak ada ya? itu kenapa gan.. mohon bantuannya

laptop agan model lama mungkin ...

nice post gan

Just info - untuk yang ingin mengganti baterai laptop yang sudah drop/ tidak charging, kami ready stock berbagai tipe baterai laptop/notebook/netbook dg kondisi baru/original/bergaransi

kunjungi: http://baterailaptop.net

gan ane mau nnya klo tiap mnit kurang 1% normal ga...soalnya w curiga batre w bocor..

itumah wajar atuh sob,
100%=100menit=1 jam 40 m3nit
ane rasa masih oke tuh laptop

gan, clo baterai ada dikisaran 20-25 % langsung mati itu kenapa gan? masih bisa diperbaiki nda gan?

gan ane mau tanya donk...kenapa ya notebook ane pas di cas indikator batrenya tidak jalan/ naik ya gan.

mungkin itu setingan windowsnya masbroh.. jadi windows menseting ketika baterai 25% laptop dimatikan secara otomatis. tapi kalo habis mati diidupin lagi masih nyala dan bertahan berarti baterenya masih bagus tuh, kalo tetep mati ya udah jelek tuh batere sepertinya

coba dipindahin batrenya ke laptop sejenis broh, kalo menunjukan batere okeh berarti cuma masalah di software kok. Tuh diatas ada yang komen jualan batere laptop

ass. gan ane mau tanya ne. ane kan kemaren install notebook type NEC ane. trus selesai install kenapa baterainya tidak mau mengisi tetap di 10% plugged, carging. dan di laptop ane tidak ada yg namanya count cycle nya di BIOS. tolong dengan sangat gan. ada masalah apakah dengan laptop ane. maklum orang awam. ditunggu ya gan. terimakasih

kang, coba dicek dulu kondisi baterainya pakai aplikasi gratisan. Simak artikelnya http://winpoin.com/5-aplikasi-untuk-melihat-kesehatan-baterai-laptop/

gan numpang tanya, kalau laptopku kalau sambil di charge tidak mau, lampu indikator mati hidup. bisanya kalau di charge dulu penuh baru di gunakan tanpa charge. itu rusak apa gemana gan? karena dulu dulunya tidak seperti itu sambil charge bisa. mohon petunjuk!

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Gan, laptop ane kalau ngecas lampu indikatornya kedap kedip,, itu masalahnya dimana ya gan? di chargernya apa di baterainya?

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon