Rabu, 01 Mei 2013

perawatan, perbaikan, penjualan, pembuangan aki basah, kering, hybrid

Tau kan sob apaan itu aki / accu, alias baterai pengisi sebagai cadangan listrik yang digunain untuk berbagai keperluan, mulai dari kendaraaan bermotor sampe batre cadangan komputer, yah mirip2 batere deh cara kerjanya sob (kalo kata ane ya)
kali ini ane mau ngeshare tentang perawatan, penggunaan, perbaikan, dan perusakan aki basah, kering, dan hybrid nih sob yang biasa digunain kendaraan bermotor skarang..
accu itu kalo menurut gw suatu wadah yang digunain untuk menyimpan energi listrik yang nantinya dapat dijalankan secara automatis atau secara manual.
Nah bete kan kalo mau ngidupin kendaraan mesti diengkol2 mulu gegara akinya kaga kuat starter mesin sob, apalagi kalo tuh bebek ato matic mati dilampumerah yang waktu tunggunya 200 detik, pastinya lo  bakalan dicaci, dimaki, diludahin, digeplak, sampe dilemparin kotoran dan kencing dlm gelas orang2 belakang lo sob..haha *lebay yak
dan apalagi motor dengan merek yamaha yang susah banget idupnya sob meski baru shari tuh motor kaga dipake ngiduupinnya bisa ampe matahin kaki lo sob ngengkolnya. menurut berbagai sumber nih aki itu dijaman skarang terbagi 3 jenis sob :

- aki basah
- aki kering
- aki hibrid (unggulan)


aki basah dulu nih sob.. yaitu penyimpan energi listri yang memerlukan media perantara berupa larutan asam (bersifat melepas proton / + ) sehigga mampu melakukan penyimpanan listrik yang bersifat elektron menjadi muatan yang stabil yang nantinya sewaktu2 bisa melepaskan muatan negatif/ elektron/ listrik karena kesetabilan larutan asam terhadap logam Pb sebagai katode.
nah karena pemakaian yang terus menerus, pada aki basah ini mengalami pengurangan volume larutan pengisi sob akibat penguapan dari reaksi eksotermik yang terjadi didalam aki

perawatan aki basah
nah pastinya kita harus sering2 ngecek volume larutan aki sob, dan kalo abis mendingan isi pake larutan air aki isi ulang, tapi jangan yang sembarangan sob, sebenernya isi larutan aki harus banyak mengandung muatan proton yaitu larutan asam sulfat (H2SO4) 1% kalo kalian susah dapetin alias ngebuat larutan ini bisa gunain air destil, bukan air mineral ya sob tapi air hasil destilasi jadi ga pake kandungan mineral didalemnya dan bukan juga air aki mang2 tambel ban yang dijual dipinggir jalan dengan tutup warna merah dan biru yang komposisinya aja ga jelas, bisa jadi isinya air minum sob..hahaha
nah tapi kalo air aki terlanjung kering alias habis isi larutannya terpaksa deh mesti lo bongkar tuh aki sob dan langkah ini termasuk langkah

perbaikan aki basah
pertama-tama buka muatan positifnya sob, baru negatifnya ya biar ga kontak langsung ntar..
setelah aki dibuka, isi lubang2 pengisi aki dengan air panas, yang mendidih sob, biarin 5-10 menit sambil dikocok2 tuh aki  terus buang airnya dan langkah ini dilakukan 3-4 kali pembilasan sob, tujuannya itu buat melarutkan endapan PbSO4 yang terendapkan karena aki jarang diisi sob, dan kalo endapan itu udah larut, selanjutnya aki diisi dengan larutan asam sulfat (H2SO4) 5% nih, buat larutan awal pengisi aki basah sob,(inget jangan beli larutan pengisi aki di abang2 tambel ban yang abangnya ga tau apa2 taunya cuma itu air isi ulang dengan tutup berwarna merah dan tutup berwarna biru)  setelah itu, lakukan pengecasan aki yang suka ada dipinggir jalan noh, yah palingan 5ribuan sob harga skali ngecas dengan lama waktu pengecasan skitar1-3jam (tergantung harga yaaaa)

nah kalo masa penggunaan aki basah udah ga memungkinkan dilakukan perbaikan nih, misalnya udah dicas berkali2 karena selalu lupa ngisi air aki mendingan jual dah tuh aki ke mang2 rongsok sob, harganya sih lumayan skitar 20ribuan, dan langkah ini termasuk langkah pembuangan sob..
inget sob logam yang terkandung didalem aki itu logam PB / timbal yang sangat beracun kalo dipegang2 apalagi sampe digigit2 tuh isinya dan dengan kita jual tuh aki bisa dilakukan peleburan lagi dan dibentuk aki baru lagi deh dengan merek2 yang ga jelas seperti (ABK, Tosca, RBM,) tapi tenang sob kualitasnnya mash mirip2 sama aki bermerek bedanya cuma pada teknologi yang terkandung dalam pengolahannya sob


huhhh..cape nih gw ngetiknya sob, kalo mau copas silahkan tapi cantumin ya alamat asleenya sob, hargain dikit lah ketetihan ketikan gw..^^

sekarang kita bahas tengtang aki kering
aki kering itu aki yang minim perawatan sob beda banget sama aki basah yang mesti kita cek terus volume air akinya..
dan bukan berarti aki kering ga bisa rusak alias ga butuh perawatan sama skali sob aki kering juga bisa rusak tapi kebanyakan langsung dibuang kalo udah rusak sob..hahaha
tapi jangan dibunag langsung juga sob kalo aki baru rusak 1-2kali nih

cara perbaikan aki kering

1. Ambil/copot dulu aki kering yang ada di box sepeda motor lo. jangan lupa salah posisi kabel ntar ya
2. Buka tutup aki, biasanya ada 3 buah lubang dengan penutup dari karet.
3. Isikan Accu Zuur ( asam sulfat 5%)  kedalam aki kering kira-kira sampai 1 cm dari mulut lubang aki.
4. Tutup rapat-rapat kembali lubang aki,pasang ke box motor kamu dan pasangkan kembali kabel-kabelnya, jangan sampai salah sob inget kalo salah yang ada tuh motor kaga idup2.
5.Setelah semuanya terpasang rapi coba nyalakan motor sekitar 15 menitan sekiranya sampai mengisi.

Biasanya untuk aki kering bawaan sepeda motor yang masih original masa hidupnya bisa sampai 3-5 tahun dan bila mati dan di isi ulang lagi biasanya memang udah aus/hanya bisa untuk lampu saja.namun untuk aki kering yang bukan bawaan sepeda motor yang kita beli di toko-toko seperti gs yuasa ini masih sangat mungkin untuk bisa di perbaiki karna biasanya aki ini bertahan 1-2 thun dari pembelian jadi kualitas elemenya masih bagus.

dan untuk aki hybrid adalah gabungan aki basah dan kering nih sob, alias perawatan seperti aki kering dengan daya tahan lama seperti aki basah sob, teknologi ini baru beberapa vendor yang menguasainya sob dan pastinya dengan teknologi yang mutakhir pastinya harga neh aki masih mahal dooong..

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon