Saturday, September 1, 2012

cara tumbuhan/ pepohonan mendinginkan bumi

       PENTINGNYA POHON BAGI BUMI

bumi sekarang ini terassa semakin panas dan seksi pastinya. hal ini ditandai dengan kemarau panjang dan gagal panen diseluruh negeri.
kemarau yang berkepanjangan dihampir semua belahan dunia memaksa kenaikan harga pangan pokok mulai merangkak naik secara perlahan yang diikuti dengan kenaikan harga daging/hewan secara tidak langsung.
perlunya penanganan sejak dini membuat kita harus semakin menyayangi bumi agar kelestariannya kian terjaga dan masih tersedianya air (H2O) bagi generasi penerus kita yang diantaranya adalah dengan cara menenem pohon. 



pasti terfikir mengapa pohon/tumbuhan ini dapat menurunkan suhu/temperatur bumi yang kianlama kian memanas. tumbuhan sejak dahulu kala dikenal memiliki suatu zat yang terkandung didalam dedaunannya yakni zat "klorofil" nah zat inilah yang mampu mengikat gas CO2 yang dihasilkan oleh hasil suatu reaksi fotosintesis. Di dalam daun, cahaya akan diserap oleh molekul klorofil untuk dikumpulkan pada pusat-pusat reaksi. Tumbuhan memiliki dua jenis pigmen yang berfungsi aktif sebagai pusat reaksi atau fotosistem yaitu fotosistem II dan fotosistem I. Fotosistem II terdiri dari molekul klorofil yang menyerap cahaya dengan panjang gelombang 680 nanometer, sedangkan fotosistem I 700 nanometer. Kedua fotosistem ini akan bekerja secara simultan dalam fotosintesis, seperti dua baterai dalam senter yang bekerja saling memperkuat.

Fotosintesis dimulai ketika cahaya mengionisasi molekul klorofil pada fotosistem II, membuatnya melepaskan elektron yang akan ditransfer sepanjang rantai transpor elektron. Energi dari elektron ini digunakan untuk fotofosforilasi yang menghasilkan ATP, satuan pertukaran energi dalam sel. Reaksi ini menyebabkan fotosistem II mengalami defisit atau kekurangan elektron yang harus segera diganti. Pada tumbuhan dan alga, kekurangan elektron ini dipenuhi oleh elektron dari hasil ionisasi air yang terjadi bersamaan dengan ionisasi klorofil. Hasil ionisasi air ini adalah elektron dan oksigen.

2 H2O + 2 CO2 + (cahaya, kloroplas) → C6H12O62 (energi)+ O2


(misalnya pada gas buang kendaraan, gas buang manusia,hewan dsb)
dengan banyaknya pepohonan justru semakin banyak gas CO2 yang akan digunakan sebagai "makanan" bagi tumbuhan dengan bantuan sinar matahari menjadi energi + O2 (oksigen) yangartinya akan lebih berguna bagi kehidupan.
banyaknya gas CO2 yang dihasilkan dari suatu reaksi menyebabkan peningkatan suhu bumi selain itu adapula dampak dari hasil reaksi yang tidak sempurna menghasilkan gas SOx, NOx, COx, CHx yang juga bersifat radikal akibat tidak stabilnya bentuk senyawa ini yang juga menyebabkan  banyak O2yang ikut bereaksi pada senyawa ini untuk merubah menjadi senyawa yang lebih stabil.

kenaikan suhu bumi yang kian hari kian bertambah menyebabkan mencairnya daratan es pada kutub utara dan selatan bumi yang keberadaannya adalah sebagai "penyeimbang" ketersediaan air dan laju ombak serta tingginya suatu daratan. dengan semakin bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak terkendali, dan kendaraaan yang menggukana bahan bakar "murah" menyebabkan semakin banyak senyawaan radikal yang akan dihasilkan dan justru membuat bumi semakin sesak, dan panas.

jadi segeralah menanam pohon mulai dari pekarangan rumah kalian sendiri, dengan adanya pepohonan akan lebih m enjaga kualitas dan kuantitas keberadaan air bersih dilingkungan anda sehingga anda sekeluarga menjadi semakin sehat dan cerdas. bukan pepohonan yang berukurn kecil tapi pepohonan dengan jumlah daun yang banyak, berakar tunggang, dan memiliki buah yang bisa dimakan / disukai

"ayo tanam satu pohon dirumahmu mulai sekarang dan rawatlah"

Komentar yang baik atau diam!
EmoticonEmoticon